5 Hidangan Telur Terbaik di Dunia, dari Timur Tengah hingga China

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 09 Jun 2020 09:00 WIB
Hidangan telur terbaik di dunia Foto: Getty Images/iStockphoto/GreenArtPhotography

2. Shakshuka (Timur Tengah)

Hidangan telur terbaik di duniaHidangan telur terbaik di dunia Foto: Getty Images/iStockphoto/GreenArtPhotography


Kawasan Timur Tengah juga memiliki hidangan telur yang rasanya nikmat. Namanya shakshuka yang merupakan telur ceplok dengan tambahan saus tomat melimpah. Ada juga sayuran segar seperti paprika, basil jika tidak ada bisa gunakan kemangi.

Dalam satu wajan biasanya terdapat 3-5 butir telur. Telur yang diolah bersama saus tomat tersebut tidak sampai matang merata namun dalam kondisi setengah matang. Shakshuka tak hanya banyak ditemui di Timur Tengah namun juga Afrika Utara.

Hidangan ini biasa dijadikan menu sarapan dan disantap dengan roti. Roti tersebut dioleskan saus tomat dan juga telur. Jika ingin membuatnya untuk menu sarapan di rumah, bisa dimasak sendiri karena bahan-bahannya mudah ditemui.

3. Eggs Benedict (Amerika Serikat)

Hidangan telur terbaik di duniaHidangan telur terbaik di dunia Foto: Getty Images/iStockphoto/GreenArtPhotography


Hidangan telur terbaik selanjutnya adalah eggs benedict yang asalnya dari Amerika Serikat. Eggs benedict disebutkan sudah ada sejak abad ke-19. Menurut Rachel Kong dalam 'All About Eggs', eggs benedict ditemukan pertama kali di restoran bernama LeGrand Benedict.

Ada juga yang mengatakan kalau eggs benedict ini dibuat karena seorang bernama Lemuel Benedict, salah satu pensiunan pialang saham dari Wall Street berkeliling di seputar Waldorf Hotel pada tahun 1894. Saat itu dirinya berharap menemukan obat untuk mengurangi rasa mabuknya di pagi hari dan memesan hidangan berupa roti bakar mentega, telur setengah matang, ham, dan saus hollandaise.

Karena terkesan dengan hidangan satu itu, pihak hotel pun memasukkan menu tersebut ke dalam menu brunch. Namun pihak hotel mengganti ham dengan bacon, pihaknya juga mengganti roti bakar dengan muffin. Masih banyak lagi kisah asal-usul eggs benedict ini, apapun itu menu sarapan satu ini sangat populer di Amerika Serikat.

Baca Juga: Populer Sebagai Menu Sarapan, 5 Mitos Soal Telur Ini Masih Dipercaya

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Telur Serabut Anti Gagal"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com