ADVERTISEMENT

Haram! 5 Makanan dan Minuman Ini Tak Boleh Dikonsumsi Umat Muslim

Devi Setya - detikFood
Senin, 08 Jun 2020 19:00 WIB
makanan haram
Foto: istimewa

3. Daging Babi

makanan harammakanan haram Foto: istimewa


Selain dalam surah Al Maidah, tercatat juga aturan haram soal makan daging babi juga tercatat dalam surah Al An'am ayat 145.

"Tiadalah aku peroleh dalam wahyu yang diwahyukan kepadaku, sesuatu yang diharamkan bagi orang yang hendak memakannya, kecuali kalau makanan itu bangkai, atau darah yang mengalir atau daging babi - karena sesungguhnya semua itu kotor - atau binatang yang disembelih atas nama selain Allah." (QS. Al An'am: 145)

Shidiq Hasan Khon rahimahullah mengatakan, "Yang diharamkan dari babi adalah seluruh bagian babi. Sedangkan di sini disebutkan dagingnya saja karena biasanya yang dimakan adalah dagingnya."

4. Hewan yang disembelih bukan atas nama Allah

makanan harammakanan haram Foto: istimewa


Dan janganlah kamu memakan binatang-binatang yang tidak disebut nama Allah ketika menyembelihnya. Sesungguhnya perbuatan yang semacam itu adalah suatu kefasikan." (QS. Al An'am: 121)

Dari surah ini sudah jelas tidak boleh bagi seorang muslim untuk memakan hasil sembelihan orang musyrik, majusi atau orang yang murtad (non ahli kitab). Sedangkan untuk hasil sembelihan ahli kitab (yaitu Yahudi dan Nashrani) itu dibolehkan untuk dimakan selama tidak diketahui jika ia menyebut nama selain Allah. Landasan dari hal ini adalah firman Allah Ta'ala dalam surah Al Maidah ayat 5.

"Makanan (sembelihan) orang-orang yang diberi Al Kitab itu halal bagimu." (QS. Al Maidah: 5).

Baca juga : Tak Hanya Islam, Kristen dan Hindupun Punya Aturan Makanan 'Halal' dan 'Haram'



Simak Video "Pos Ketan Legenda, Camilan Legendaris di Pasar Laron Batu"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT