ADVERTISEMENT

Haram! 5 Makanan dan Minuman Ini Tak Boleh Dikonsumsi Umat Muslim

Devi Setya - detikFood
Senin, 08 Jun 2020 19:00 WIB
makanan haram
Foto: istimewa
Jakarta -

Ajaran agama Islam mengatur dengan tegas soal status haram dan halal makanan yang dikonsumsi. Ada beberapa makanan haram yang harus dihindari umat muslim, seperti bangkai dan daging babi.

Aturan soal haram dan halal makanan tercatat dalam Al-Quran. Setidaknya ada 5 jenis makanan dan minuman yang sama sekali tidak boleh dikonsumsi oleh umat Muslim.

Tentu saja ada alasan dibalik pelarangan konsumsi makanan dan minuman ini. Serangkaian tes sains bahkan membuktikan makanan yang diharamkan bagi umat Muslim ini sebenarnya memiliki dampak buruk untuk kesehatan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut penjelasan soal makanan dan minuman haram bagi umat Muslim.

1. Bangkai

makanan harammakanan haram Foto: istimewa


Makanan yang pertama diharamkan adalah bangkai. Larangan makan bangkai tertulis dalam Al-Quran surah Al Maidah ayat 3.

"Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala." (QS. Al Maidah: 3)

Bangkai adalah setiap hewan yang matinya tidak wajar, tanpa lewat penyembelihan yang ditetapkan dalam Islam. Contohnya adalah hewan yang mati dalam keadaan tercekik, hewan yang mati karena dipukul dengan tongkat atau selainnya, hewan yang mati karena jatuh dari tempat yang tinggi, hewan yang mati karena ditanduk.

Jika hewan-hewan di atas ini masih didapati dalam keadaan bernyawa, lalu disembelih dengan cara yang syar'i, maka hewan tersebut menjadi halal.

Namun ada dua bangkai yang dikecualikan keharamannya, artinya bangkai tersebut halal yaitu bangkai ikan dan bangkai belalang. Hal ini berdasarkan hadits Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda

"Kami dihalalkan dua bangkai dan darah. Adapun dua bangkai tersebut adalah ikan dan belalang. Sedangkan dua darah tersebut adalah hati dan limpa." (HR. Ibnu Majah no. 3218. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Baca juga : Temukan Ayam 'Bundir' Netizen Tanya Hukumnya Makan Ayam Mati


2. Darah

makanan harammakanan haram Foto: istimewa


Islam juga mengharamkan umatnya mengonsumsi darah. Darah di sini adalah darah hewan yang sengaja dikonsumsi.

Di pasar tradisional biasanya menjual darah beku atau yang biasa disebut dengan dideh, saren, atau marus. Terkadang ada juga darah mentah maupun yang sudah digoreng. Terkadang darah juga dikonsumsi secara langsung dan dipercaya dapat menambah tenaga.

Dalam ajaran islam, darah termasuk haram dan najis. Darah yang mengalir pada saat penyembelihan termasuk kategori haram. Apabila darah berada tersendiri maka hukumnya haram. Namun apabila bercampur atau masih melekat pada daging maka boleh dimakan karena tidak mungkin untuk dipisahkan.

Darah ini tidak berlaku untuk hati dan limpa karena dua organ hewan ini masuk dalam kategori halal.



Simak Video "Bikin Laper: Pesta Udang Gala, Kepiting, Gurame Garing di Cibubur"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT