Cara Bercocok Tanam Hidroponik Sederhana di Rumah Selama New Normal

Puti Yasmin - detikFood Selasa, 09 Jun 2020 08:00 WIB
selada hidroponik Foto: istimewa/Cara Bercocok Tanam Hidroponik Sederhana di Rumah Selama New Normal
Jakarta -

Bercocok tanam dengan metode hidroponik saat ini tengah menjadi trend dan digemari masyarakat. Sebab, metode ini tidak memerlukan lahan luas sehingga bisa mudah dilakukan di rumah selama new normal.


Bahkan, untuk tempat dan peralatan tanam tidaklah sulit dan rumit. Tempat tanam misalnya, bisa menggunakan botol bekas. Nah, bagi detikers yang gemar bercocok tanam tapi lahan terbatas bisa menggunakan metode hidroponik.

Semua perlengkapan untuk bercocok tanam dengan metode hidroponik kini banyak dijual, bisa secara online atau datang langsung ke toko alat-alat pertanian. Detikers bisa menggunakan metode hidroponik untuk menanam aneka sayuran, seperti: kangkung, sawi, cabe, bawang merah, hingga seledri.

Hidroponik jadi solusi bercocok tanam di tengah keterbatasan lahan. Ibu-ibu di Makassar pun kembangkan budidaya hidroponik untuk tingkatkan kesejahteraan hidup.Cara Bercocok Tanam Hidroponik Foto: Grandyos Zafna

Berikut cara menanam hidroponik kangkung hingga cabe:

1. Pengertian

Dikutip dari buku 'Bertanam Hidroponik untuk Pemula' karya Puput Alviani, hidroponik berasal dari kata Yunani, yakni hydro yang artinya air dan ponos yang artinya daya.

Sehingga secara umum, hidroponik adalah budi daya menanam tanpa menggunakan tanah. Tetapi, memanfaatkan air dan lebih menekankan pada pemenuhan nutrisi tanam.

2. Keuntungan

Ada berbagai keuntungan yang bisa diperoleh dengan cara bercocok tanam hidroponik. Pertama, pengguna bisa memungkinkan menanam tanpa tanah, kemudian metode ini juga bisa membuat barang-barang bekas di rumah lebih bermanfaat.

Selanjutnya, tanaman atau sayuran yang ditanam secara hidroponik akan lebih higienis dibanding dengan tanam biasa. Terakhir, pertumbuhan tanaman akan jauh lebih cepat dibanding tanam biasa.

Hand of farmer couple collect hydroponic, organic vegetables in greenhouse owner small business entrepreneur, Healthy food nutrition product for health lovers, Happy people lifestyle farming at morningCara Bercocok Tanam Hidroponik Foto: iStock

3. Cara

Salah satu cara bercocok tanam hidroponik adalah botol bekas. Metode ini juga dikenal dengan nama sistem wick dan bisa menanam sayuran, seperti sawi, kangkung, dan bayam.

Pertama, siapkan satu botol bekas yang masih layak pakai. Kemudian, gunting botol menjadi dua bagian. Lubangi tutup botol menggunakan tusukan. Selanjutnya, gabung kedua bagian botol yang telah dipotong, hanya saja, bagian atas di hadapkan ke bawah.

Pasang sumbu atau bisa menggunakan kain flannel di tutup yang telah dilubangi tadi. Pastikan posisi tersebut bisa membuat air nutrisi mengalir dan menyerap ke tanaman. Masukan bibit tanaman pada bagian atas botol dengan tanah secukupnya.

Bagian bawah botol isi dengan air nutrisi. Semakin dekat jarak air dengan bibit maka semakin banyak nutrisi yang bisa diserap oleh tanaman. Selamat mencoba cara bercocok tanam hidroponik!



Simak Video "Cegah Haus saat Puasa, Konsumsi Makanan Ini saat Sahur dan Berbuka"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)