Kopi Bubuk Bisa Singkirkan Selulit dan Kantong Mata, Begini Caranya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 08 Jun 2020 06:00 WIB
Caucasian model, age 20-29 years old using a face scrub made out of coffee, honey and milk Foto: iStock
Jakarta -

Kopi bubuk tak hanya enak diracik jadi minuman saja. Manfaatkan kopi bubuk untuk merawat kulit dan wajah. Mulai dari singkirkan selulit hingga kantong mata.

Minum secangkir kopi di pagi hari bisa memberi asupan energi. Namun selain diminum, kopi punya manfaat lain untuk kulit dan wajah. Ini berkat kandungan antioksidan, termasuk fenol yang bermanfaat.

Antioksidan tersebut bantu melawan radikal bebas yang memicu kerusakan kulit. Faktanya, American Chemical Society menemukan kopi adalah sumber antioksidan terpopuler di Amerika Serikat.

Selain mengasup antioksidan dari dalam, kopi juga bisa dimanfaatkan untuk merawat kulit dan wajah. Misalnya dijadikan masker, scrub, atau pasta dari bubuk kopi fresh yang diaplikasikan langsung ke kulit.

Healthline (6/6) merangkum manfaat kopi untuk kulit dan wajah seperti berikut:

1. Kurangi selulit

Aromatic botanical cosmetics. Dried herbs flowers mixture, aromatic homemade scrub paste made from coffee grounds and oils. Holistic herbal DIY skincare beauty hack.Foto: iStock

Kopi bisa mengurangi selulit di kulit yang kerap jadi musuh terbesar wanita. Diyakini karena kandungan kafein dalam kopi bisa melebarkan pembuluh darah di bawah kulit dan meningkatkan aliran darah secara keseluruhan, yang pada akhirnya mengurangi keberadaan selulit.

Racik kopi bubuk menjadi scrub untuk mendapat manfaat ini. Campurkan bubuk kopi dengan air panas sampai mencapai kekentalan yang diinginkan. Kalau kulit kamu kering, bisa tambahkan sedikit minyak zaitun atau minyak kelapa.

Gunakan kopi tradisional yang ada kafeinnya, jangan yang decaf. Kemudian oleskan scrub kopi ke area selulit. Pijit-pijit lembut dengan jari tanpa menggosoknya terlalu keras. Terakhir, bilas hingga bersih.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3