Kuliner New Normal

Ratusan Tahun Lalu Orang Sudah Mengenal Makanan Beku

Devi Setya - detikFood Sabtu, 06 Jun 2020 18:00 WIB
makanan beku Foto: istimewa
Jakarta -

Di masa pandemi, tren makanan beku menjadi hal yang diandalkan sebagai stok. Teknik membekukan makanan bisa membuat masa simpan makanan menjadi panjang.

Makanan yang disimpan dalam keadaan beku bisa bertahan hingga berbulan-bulan, bahkan tahunan. Tapi tahukah kamu, sistem menyimpan makanan dengan cara dibekukan ini sudah dilakukan masyarakat zaman kuno?

Secara teknis, manusia sudah mengerti cara mengawetkan makanan dengan proses pembekuan. Dengan mengandalkan suhu dingin alami, orang-orang sudah mulai mengawetkan makanan agar tidak cepat membusuk atau rusak.

Kini proses pembekuan makanan dilakukan secara modern dengan mengandalkan freezer. Tujuannya tetap sama, yakni menjaga makanan tetap segar dan nutrisinya awet agar bisa dikonsumsi dalam jangka panjang.

Dilansir dari berbagai sumber berikut sejarah dan fakta soal pembekuan makanan.

Baca juga : Ini 5 Makanan Beku yang Perlu Anda Beli Sebagai Stok


1. Sejarah makanan beku

makanan bekumakanan beku Foto: istimewa



Tidak ada catatan pasti terkait kapan dimulainya teknik pembekuan makanan. Pembekuan makanan secara alami dulunya mengandalkan hawa dingin saat musim dingin. Cara ini telah digunakan oleh suku-suku tradisonal di daerah beriklim dingin selama berabad-abad.

Pada tahun 1885 sejumlah kecil daging ayam dan angsa beku dikirimkan dari Rusia ke London, dan dikemas menggunakan peti-peti kayu. Baru pada bulan Maret 1899, "British Refrigeration and Allied Interests" melaporkan bahwa sebuah perusahaan pengimpor makanan, "Baerselman Bros", mengirim sekitar 200.000 ekor ayam dan angsa beku per minggu dari tiga depot Rusia ke New Star Wharf, Lower Shadwell, London.

Pengiriman daging beku ini dilakukan secara rutin selama tiga atau empat bulan pada masa musim dingin. Dimulai pada tahun 1929, Clarence Birdseye menawarkan cara untuk membekukan makanan secara cepat kepada masyarakat. Ide Birdseye didapatkan ketika berburu hewan di Labrador tahun 1912 dan 1916, ketika ia melihat penduduk asli setempat mengawetkan makanan dengan cara membekukannya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video " Tips Cuan Bisnis Frozen Food saat Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]