Slurpp! Susu Sereal yang Manis Gurih Ini Bikin Nostalgia

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 06 Jun 2020 08:00 WIB
sereal dan susu Foto: iStock
Jakarta -

Susu sereal hadirkan 'rasa' nostalgia dari sisa susu yang telah merendam semangkuk sereal. Cita rasanya yang manis gurih bikin ketagihan!

Seperti namanya, susu sereal adalah susu rasa sereal yang mengingatkan banyak orang dengan rasa menu sarapan mereka di waktu kecil. Saat semangkuk sereal direndam susu, maka di akhir-akhir akan tersisa sedikit susu yang rasanya sudah berubah jadi manis gurih karena tercampur rasa sereal.

Tak jarang, sisa susu juga sudah berubah warna mengikuti warna kepingan sereal yang kita makan. Terinspirasi dari hal itu, hadirlah produk susu sereal atau cereal milk yang menarik perhatian banyak orang.

alasan sereal disiram susuSusu campur sereal Foto: iStock

Menu ini jadi hits saat pertama kali dibuat Milk Bar pada tahun 2008. Bakery di New York, Amerika Serikat ini didirikan chef Christina Tosi. Dikutip dari BBC Good Food (Juni 2016), nama Tosi langsung jadi perbincangan dan identik dengan susu sereal usai memperkenalkan menu inovatif ini.

Ia membuat susu sereal dengan merendam sereal, umumnya cornflakes, dalam susu lalu menambahkannya gula. Dikutip dari situs resmi Milk Bar, Tosi membagikan resep susu sereal yang menurutnya sudah melalui banyak 'trial and error'.

Susu serealSusu sereal Foto: BBC Good Food

Bahan yang dipakai adalah cornflakes, susu dingin, brown sugar, dan garam. Pertama, sereal harus dipanggang dalam oven selama sekitar 15 menit sampai agak gosong lalu dinginkan.

Taruh cornflakes dalam gelas besar lalu tuang susu dan aduk dengan kuat. Biarkan campuran ini selama 20 menit di suhu ruang. Selanjutnya, saring campuran ini hingga mendapat susu sereal yang bersih.

Terakhir, tambahkan brown sugar dan garam ke dalam susu sampai larut sempurna. Simpan susu sereal ini dalam kulkas hingga satu minggu.

Susu serealSusu sereal Foto: Instagram fumi.jkt

Alih-alih repot, susu sereal bisa dinikmati langsung. Di Indonesia ada beberapa gerai yang menjual susu sereal atau cereal-infused milk ini. Salah satunya FUMI (fumi.jkt) yang menjual 5 rasa susu sereal.

Ada rasa Sugar Frosted, Tootie Fruity, Koko Pop, Dalgona Coffee, dan Caramel Candy. Harganya mulai dari Rp 17.000 sampai Rp 23.500 per botol. Susu sereal ini bisa dinikmati langsung atau dipadukan dengan secangkir kopi hitam.



Simak Video "Masak Masak: Masak Kambing Rica-Rica bareng Richard Kyle"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)