5 Fakta Caesar Salad, Racikan Salad Imigran yang Populer di Dunia

Odilia WS - detikFood Sabtu, 06 Jun 2020 10:00 WIB
Fakta Caesar Salad Foto: iStock
Jakarta -

Salad gaya Amerika ini jadi menu favorit di banyak restoran dan kafe. Kalau kangen akan gurih segarnya salad ini, kamu bisa bikin sendiri dengan resep ini.

Caesar Salad, nama salad ini sering dihubungkan dengan Julius Caesar meskipun tak ada kaitan sejarah. Salad ini punya sejarah yang unik dan dari racikan sederhana berupa romaine lettuce dan saus yang gurih, kini disajikan dalam beragam variasi.

Fakta Caesar SaladFakta Caesar Salad Foto: iStock



Berikut ini beberapa fakta seputar Caesar Salad dari pertama diracik oleh imigran Italia di Amerika hingga jadi menu primadona berbagai restoran dan kafe di dunia.

1. Berasal dari Meksiko

Menurut catatan sejarah Caesar Salad pertama kali diracik tahun 1920 di Meksiko. Dibuat khusus untuk orang Amerika yang sedang kelelahan saat melintasi perbatasan Amerika -Meksiko yang saat itu diberlakukan larangan.

Caesar Cardini seorang keturunan Italia, pemilik restoran Caesar's di Hotel Cesar membuat resep sederhana saat dapur kekurangan stok karena diserbu pembeli. Pertama kali salad ini diracik tahun 1924.

Racikan salad ini berupa potongan besar romaine lettuce, satu-satunya sayuran yang tersedia dengan saus yang gurih creamy. Diberi taburan crouton dan keju parmesan. Ternyata salad ini enak dinikmati dengan bir dingin.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3