5 Buah dan Sayur Ini Punya Bentuk Berbeda dari Saat Pertama Ditemukan

Riska Fitria - detikFood Jumat, 05 Jun 2020 09:00 WIB
Rupa buah dan sayur Rupa buah dan sayur Foto: Brightsight
Jakarta -

Buah dan sayuran yang saat ini sering kita santap ternyata dulunya memiliki rupa yang jauh berbeda dari sekarang. Ada wortel hingga alpukat.

Buah dan sayuran merupakan makanan yang dikonsumsi setiap hari. Makanan tersebut punya beragam kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Namun perlu diketahui, beberapa buah dan sayur ternyata memiliki rupa yang berbeda dari yang sering kita lihat saat ini.

Ada yang memiliki bentuk, warna, tekstur, hingga rasa yang berbeda. Seperti wortel, saat ini diketahui kalau makanan tinggi vitamin A tersebut warnanya oranye. Padahal dulunya wortel memiliki warna ungu.

Lalu ada alpukat, buah yang punya rasa hambar dan tekstur legit ini merupakan buah liar. Saat pertama kali ditemukan, alpukat punya ukuran yang kecil. Daging buahnya pun sedikit dan lebih besar ukuran bijinya.

Dilansir dari Bright Side (4/6), berikut 5 buah dan sayur yang punya rupa berbeda pada awal ditemukan.

Baca Juga: Wortel hingga Pala, 5 Makanan Ini Alami Fenomena Alam yang Aneh

1. Wortel

Rupa buah dan sayurRupa buah dan sayur Foto: Brightsight

Warna oranye sangat identik dengan wortel, namun warna ini bukanlah warna asli. Awalnya wortel memiliki warna ungu namun adanya gen mutan yang menyebar di antara tanaman ini menyebabkan terciptanya wortel kuning. Lalu bagaimana wortel berubah warna menjadi oranye?

Asal-usul wortel oranye ini berawal di kota Arausio, Perancis Selatan. Warga Arausio ini mengubah nama kotanya menjadi Orange, lalu seorang pria yang dikenal dengan nama William The Orange akhirnya memimpin Republik Belanda.

Saat itulah revolusi wortel diciptakan di Belanda dengan menambahkan pigmen beta-karoten. Pigmen ini menyebabkan warna oranye di wortel, dan orang-orang Denmark mulai memproduksi secara massal untuk menghormati pahlawan mereka William The Orange.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Sus Sayur, Kreasi Baru Menikmati Sayur"
[Gambas:Video 20detik]