Muzdalifah Unggah Video Nastar, Netizen Malah Debat Mentega dan Margarin

Devi Setya - detikFood Kamis, 04 Jun 2020 13:30 WIB
Muzdalifah Foto: Instagram
Jakarta -

Meski Lebaran sudah berlalu tapi Muzdalifah baru mengunggah video membuat nastar. Uniknya, di kolom komentar netizen malah sibuk berdebat soal mentega dan margarin.

Lewat instagramnya @muzdalifah999 ibu beranak 5 ini mengunggah video lewat IGTV pada 2 Juni 2010. Video berdurasi hampir 6 menit ini menampilkan aksi Muzdalifah meracik nastar.

Istri dari Fadel Islami ini sudah lebih dulu menyiapkan berbagai bahan baku. Ia menunjukkan beberapa bahan antara lain mentega, margarin, gula halus, tepung terigu, tepung maizena dan telur ayam.

muzdalifah masak nastarmuzdalifah masak nastar Foto: instagram muzdalifah/Istock


Baca juga : Serunya Momen Kulineran Muzdalifah Bareng Anak-anaknya


Dengan gerakan lemah lembut, Muzdalifah mulai meracik nastar buatannya. Ia mencampur mentega dan margarin lalu dikocok menggunakan mikser. Selanjutnya diikuti bahan lain hingga menjadi adonan nastar yang mudah dibentuk.

Muzdalifah juga kemudian membentuk bola-bola nastar dengan isian selai nanas. Nastar dipanggang hingga matang dan kemudian dikemas dalam stoples.

Meski Lebarannya sudah lewat, ternyata banyak netizen yang melihat video ini dan tertarik membuat nastar ala Muzdalifah di rumahnya. Dari ratusan komentar yang masuk, netizen justru banyak yang berdebat soal mentega dan margarin.

muzdalifah masak nastarmuzdalifah masak nastar Foto: instagram muzdalifah/Istock


"Mbak Muz, kan mentega dan margarin sama. Kenapa pakai dipisah segala?" kata netizen.

"Kelihatannya yg ada di sebelah kiri mba Mus itu yg satu margarin dan yg satu lagi kelihatannya aga pucet wisman," sahut netizen.

"Mungkin wisman kali perasaan saya margarin dan mentega sama cm beda panggilan," tambah netizen.

"Aq Bru tau margarin sma mentega beda ya?" tanya netizen.

Baca juga : Mentega Lebih Menyehatkan daripada Margarin?

muzdalifah masak nastarmuzdalifah masak nastar Foto: instagram muzdalifah/Istock


Sejatinya, mentega dan margarin sama-sama produk lemak. Bentuk dan tampilannya juga mirip, berwarna kuning pucat, padahal margarin dan mentega berbeda.

Margarin terbuat dari lemak nabati, sementara mentega terbuat dari produk hewani yakni lemak susu. Baik mentega maupun margarin memiliki fungsi yang sama dalam campuran kue atau masakan. Yang membedakan adalah kandungan nutrisi, aroma, tekstur dan rasanya.

Makanan, terutama kue yang dibuat dengan campuran mentega akan memiliki aroma yang lebih harum serta memiliki rasa lebih gurih renyah. Mentega ada yang salted (asin) dan unsalted (tawar), sementara margarin dominan gurih rasanya. Mentega juga memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan margarin.



Simak Video "Nastar Klepon, Perpaduan Makanan Jadul dan Kekinian!"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)