Mudah Ditiru, Budidaya Madu Klanceng yang Manis dan Kaya Khasiat

Devi Setya - detikFood Rabu, 03 Jun 2020 14:00 WIB
budidaya madu klanceng Foto: youtube capcapung
Jakarta -

Banyak jenis lebah yang menghasilkan madu, salah satunya jenis lebah trigona yang menghasilkan madu klanceng. Ternyata cara budidayanya mudah dan bisa dilakukan di rumah.

Lewat video yang dibagikan channel Youtube Capcapung, seorang pria membagikan cara budidaya madu klanceng. Adalah Totok Sugiyanto, pria asal Bantul yang mencoba membudidaya lebah madu klanceng di rumahnya.

Berawal dari pengalaman pribadi yang merasakan khasiat madu klanceng, Totok kemudian tergelitik untuk mencoba memproduksi sendiri madu ini di rumahnya. Awalnya, pria ini merasakan khasiat madu klanceng untuk mengobati sakit tenggorokan dan sariawan.

budidaya madu klancengbudidaya madu klanceng Foto: youtube capcapung


Baca juga : Minum Madu di Pagi Hari dan Rasakan 7 Manfaat Sehat Ini


Mulai dari sini, Totok berguru pada temannya yang sudah lebih dulu memiliki peternakan lebah madu klanceng. Diawali dengan satu koloni lebah klanceng yang hidup di bambu, kini Totok sudah memiliki beberapa kotak berisi koloni lebah klanceng di rumahnya.

Jenis lebah mungil ini tidak menyengat melainkan mengigit namun gigitannya tidak melukai kulit. Koloni lebah klanceng juga memiliki ratu lebah, sama halnya dengan jenis lebah madu lainnya.

Selain menyiapkan tempat tinggal berupa balok kayu, Totok juga menyediakan sumber makanan lebah ini. Menurutnya, lebah-lebah kanceng paling suka menikmati nektar dari bunga air mata pengantin. Semakin banyak dan bagus sumber makanannya maka madu yang dihasilkan juga akan semakin berkualitas.

budidaya madu klancengbudidaya madu klanceng Foto: youtube capcapung


Untuk bisa mencapai masa panen madu, setidaknya dibutuhkan waktu selama 3-4 bulan. Dalam sekali panen, satu balok sarang lebah ini setidaknya bisa menghasilkan sekitar 300 ml madu klanceng.

Karena masih skala kecil, Totok mengaku belum bisa memenuhi permintaan pasar. Madu yang ia produksi ini dibanderol seharga Rp 130.000 untuk setiap botol ukuran 250 ml.

budidaya madu klancengbudidaya madu klanceng Foto: youtube capcapung


Dilansir dari Dishut Jabar (3/6) madu klanceng memiliki beragam khasiat diantaranya yaitu dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah penyakit stroke, memperlancar peredaran darah, menstabilkan kadar gula dalam darah, mencegah kencing manis, memperkuat ingatan otak, meningkatkan kesehatan jantung, memperbaiki sel tubuh yang rusak, mencegah terjadinya insomnia atau susah tidur, membantu masa penyembuhan pasca operasi, mencegah kanker kandungan, menurunkan serta menstabilkan kadar kolesterol dan baik sebagai sumber energi.

Di masa pandemi corona, Totok juga mengatakan kalau madu klanceng ini bisa diandalkan untuk menjaga daya tahan tubuh. Kandungan madu klanceng membantu meningkatkan sistem imun agar tubuh tetap dalam kondisi bugar.

Baca juga : Padukan Madu dengan 8 Bahan Ini untuk Bantu Turunkan Berat Badan (1)



Simak Video "Sensasi Rasa Durian Madu Racun Bikin Ketagihan"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)