Cegah Corona, 7 Bagian Dapur Ini Harus Dibersihkan Setiap Hari

ADVERTISEMENT

Cegah Corona, 7 Bagian Dapur Ini Harus Dibersihkan Setiap Hari

Odilia WS - detikFood
Senin, 01 Jun 2020 09:00 WIB
Bersihkan dapur
Foto: shutterstock


2. Meja dapur

Meja dapur biasanya menyatu dan menjadi bagian dari kitchen set. Area ini paling sering dipakai untuk menyiapkan bahan-bahan masakan hingga menaruh makanan yang sudah matang.

Meski sudah dilap setiap hari seringkali ceceran makanan berjamur terutama di celah-celah sambungan kayu/ubin/marmer. Setelah dipakai, segera lap hingga bersih. Ulangi dengan larutan disinfektan. Jika tak ada bisa memakai larutan soda kue dan cuka untuk mengusir serangga.

kompor gasMembersihkan dapur. Foto: istimewa



3. Permukaan kompor

Kompor yang standing atau protable atau tanam harus dibersihkan tiap hari, setelah selesai memasak. Permukaan kompor gas ini merupakan bagian yang paling kotor. Minyak dan remahan makanan biasanya tercecer di atasnya.

Tak jarang remahan kecil atau sisa bumbu menyelip di sela-sela dan berjamur. Pertama, lap permukaan kompor dengan lap yang dicelup air hangat. Gosok hingga semua kerak makanan dan minyak larut. Ulangi dengan lap yang dicelup larutan sabun. Terakhir semprot dengan larutan disinfektan dan lap hingga kering.

Jangan lupa cuci bersih tungku yang bisa dilepas dengan larutan sabun hangat, sikat hingga remah-remah makanan dan lemak bersih. Cuci bersih dan lap hingga kering kemudian pasang kembali ke atas tatakan tungku.

4. Bak cucian

Bak cucian atau wastafel merupakan tempat untuk mencuci sayuran dan juga kadang alat makan dan alat masak. Semua remahan bahan makanan dan kotoran menempel atau terselip di area ini. Tempat ini juga disukai kecoa dan serangga untuk sembunyi.

Setelah selesai memasak, selalu bersihkan bak ini paling akhir. Angkat semua kotoran dari saringan. Gosok dengan sikat gigi bekas di celah-celahnya termasuk pada tombol kran. Terakhir semprot dengan larutan disinfektan.



Simak Video "Mulia! Warung Ini Terapkan Makan Sepuasnya Bayar Seikhlasnya"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT