Kuliner New Normal

Terapkan 'Social Distancing' Pengunjung di Resto Ini Makan di Bawah Kap Lampu Transparan

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 29 Mei 2020 11:00 WIB
- Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Kuliner New Normal
Jakarta -

Social distancing atau jaga jarak masuk ke dalam tatanan new normal di industri kuliner. Selain boneka dan sekat kaca, kini hadir kap lampu transparan yang didesain untuk pengunjung restoran.

Perancang asal Prancis bernama Christophe Gernigon membuat desain kap lampunya yang cemerlang. Kap lampu ini dibuat untuk melindungi pengunjung yang makan di dalam restoran usai lockdown selesai. Tentu saja tidak mungil untuk bola lampu.

Tetapi kap lampu dibuat besar seukuran tubuh orang dewasa sehingga tamu bisa terlindungi tubuhnya dengan kap lampu ini. Terbuat dari plastik silinder transparan yang menggantung dari atas lampu, jadi para pengunjung masih bisa makan bersama dalam satu meja.

-- Foto: Istimewa



Baca Juga: Boneka Kertas Temani Pengunjung Restoran yang Buka Kembali

Dilansir dari Dezeen (28/05), Gernigon menamai kap lampu ini 'Plex'Eat'. Bagian belakang kap lampu bisa dibuka sehingga memudahkan pengunjung untuk masuk dan keluar tabung tersebut.

Gernigon sendiri mengaku bahwa produk ciptaannya mirip seperti sekat yang digunakan di ruang tunggu penjara. Karenanya kap lampu ini masih dalam tahap pengembangan.

"Saya ingin membuatnya terlihat lebih mewah dan cantik," jelas Gernigon.

-- Foto: Istimewa



Desain kap lampu untuk jaga jarak dan menekan penyebaran virus corona ini direncanakan akan diproduksi mulai minggu depan. Menurut Gernigon banyak restoran dari Prancis, Belgia, Kanada, Jepang dan Argentina yang mengincar kap lampu buatannya ini.

Hingga saat ini Prancis masih menekan laju pertumbuhan virus Corona dan hampir semua restoran masih ditutup. Permasalahan seperti pengunjung yang wajib mengenakan masker hingga mengurangi meja merupakan masalah serius yang dihadapi pemilik restoran.

Untuk itu salah satu restoran khas Amerika di Paris memutuskan untuk memesan kap lampu milik Gernigon ini untuk restorannya.

-- Foto: Istimewa



"Akankah pengunjung menyukai kap lampu ini? Saya tidak yakin, tapi saya percaya ini bisa menarik perhatian pengunjung karena menurut saya kap lampu ini menarik," jelas Mathieu Manzoni, pemilik restoran H.A.N.D yang memesan kap lampu tersebut.

Selain kap lampu, banyak juga restoran di berbagai negara yang menerapkan sistem unik untuk social distancing. Seperti menyiapkan area khusus take out, lalu menyediakan meja ban yang memiliki diameter lebar, hingga pakai pool noodle di kepala.

Baca Juga: Selain Pakai Manekin, Ini Cara Unik Restoran Jaga Jarak Pengunjung



Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)
FOKUS BERITA Kuliner New Normal