Dengan Alat Ini Bisa Cicipi Rasa Makanan di Mulut Tanpa Makan

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 28 Mei 2020 18:30 WIB
Layar Pengecap Rasa Foto: Istimewa
Jakarta -

Lewat alat canggih ini orang bisa mencicipi rasa makanan tertentu di mulut, tanpa perlu makan makanannya. Bagaimana caranya?

Disebut sebagai 'lickable screen' atau layar yang bisa dijilat, alat canggih bernama Norimaki Synthesizer ini dirancang khusus untuk mensimulasikan rasa makanan tertentu di mulut manusia. Mulai dari sushi hingga permen tanpa perlu makan makanan aslinya.

Baca Juga: Nyam! Usai Dipakai 5 Alat Makan Ini Juga Bisa Dimakan

Layar Pengecap RasaLayar Pengecap Rasa Foto: Istimewa


Dilansir dari Design Boom (28/05), alat yang mirip seperti steker listrik ini menggunakan lima gel yang terbuat dari elektrolit yang disesuaikan dengan lima rasa yang bisa dikenali lidah. Seperti rasa asin, asam, pahit, manis, umami atau gurih.

Pengguna hanya perlu meletakkan alat ini di lidah mereka dan nantinya aliran elektrik yang tidak berbahaya akan mengeluarkan rasa makanan secara spesifik.

Tujuan dibuatnya alat ini untuk memudahkan orang menikmati makanan virtual tanpa perlu repot atau susah mencari makanan tertentu. Selain itu alat ini bisa juga digunakan untuk membantu menurunkan berat badan bagi orang-orang yang sedang diet namun tidak bisa makan makanan kesukaan.

Layar Pengecap RasaLayar Pengecap Rasa Foto: Istimewa



Norimaki Synthesizer ini dikembangkan oleh Homei Miyasitha dari Meiji University di Jepang. Lewat jurnal yang diterbitkannya Homei dan timnya dijelaskan tentang display layar yang ada di alat ini dapat mendistribusikan rasa dari data yang dikumpulkan oleh sensor rasa.

"Sangat mungkin untuk rasa bertransisi menjadi makanan lain. Contohnya rasa manis yang mirip seperti permen gummy setelah menampilkan rasa sushi yang sedikit asin dan asam. Dari rasa asin dan asam ini serta aroma rumput laut yang keluar, kami menciptakan ilusi bahwa pengguna tengah menyantap sushi," jelas Homei.

Layar Pengecap RasaLayar Pengecap Rasa Foto: Istimewa



Uniknya gel-gel yang menghasilkan rasa makanan ini bertahan lebih dari 30 menit setelah digunakan.

Meski masih dalam tahap pengembangan tapi alat Norimaki Synthesizer membiarkan orang-orang menikmati makanan lezat dengan praktis. Sekaligus membantu orang-orang yang tengah berdiet, sehingga mereka masih bisa menikmati makanan kesukaan tanpa perlu merasa bersalah.

Baca Juga: Ada yang Seharga Motor! Ini 5 Alat Dapur Mahal Nagita Slavina



Simak Video "Es Timun Suri Cincau, Segar dan Manis untuk Buka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)