Cerita Mamah Dedeh Beli Beras 200 Karung Sebulan hingga Makanan Favoritnya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 27 Mei 2020 12:05 WIB
Mamah Dedeh Foto: Instagram mamahdedeh24
Jakarta -

Mamah Dedeh santer diisukan meninggal, namun kabar ini tidak benar. Membicarakan sosoknya, Mamah Dedeh rutin berbagi beras untuk orang-orang tak mampu di sekitarnya.

Kabar meninggalnya Dedeh Rosidah atau populer dikenal sebagai Mamah Dedeh merebak pagi ini. Mamah Dedeh diisukan meninggal pada Selasa 26 Mei 2020, pukul 22.28 WIB di Eka Hospital BSD karena sakit.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, kabar tersebut hoax alias tidak benar. Hal ini dibantah rekannya sesama pendakwah, ustaz Yusuf Mansur. Ia mengatakan, "Beredar berita pagi ini bahwa Mamah Dedeh meninggal dunia dan cukup meluas kabarnya. Saya sedih, saya kemudian bilang istri nyalain tv kemudian langsung ngebel nomornya Mamah Dedeh. Dan alhamdulillah beliau masih hidup haha. Senangnya ya Allah."

mamah dedehMamah Dedeh dikabarkan meninggal Foto: Widiya Wiyanti


Baca Juga: Kabar Mamah Dedeh Meninggal Dunia Tidak Benar!

Ustaz Yusuf Mansur memastikan keadaan Mamah Dedeh hingga kini baik-baik saja. Wanita berusia 70 tahun ini masih sehat dan bisa beraktivitas seperti biasa.

Mengenai pribadinya, Mamah Dedeh dikenal sangat peduli orang-orang di sekitarnya. Dalam wawancara bersama Alvin Adam di channel YouTube Alvin & Friends terungkap kalau ia selalu membagikan beras pada orang tak mampu.

"Itu sudah sekitar 7 atau 8 tahun, Mamah tiap tanggal 20 beli beras 200 karung. Kan tetangga banyak yang maaf kurang mampu kayak macam yang pemulung, Mamah bagi seorang separuh. Kalau ada yang lewat bawa sekarung. Memang sudah buat itu. Ada hak mereka," ujarnya dalam video yang direkam pada akhir 2018.

Mamah DedehMamah Dedeh menyajikan banyak makanan di rumahnya Foto: YouTube Alvin & Friends


Saat itu Alvin juga sempat menyoroti banyaknya makanan di rumah Mamah Dedeh. Lagi-lagi karena alasan mulia, Mamah Dedeh mempersilakan tamu-tamunya untuk makan sekenyang mungkin saat berkunjung.

"Di rumah Mamah itu tiap hari banyak orang. Setengah 7 pagi itu sampai malam banyak orang. Banyak pegawai Mama, pegawai toko, yang buat air banyak pokoknya. Tiap hari yang makan di sini rata-rata 50 sampai 60 orang, sudah sekian tahun. Jadi ramai mulu di sini. Ya silakan (mampir) ini merdeka dari Anda untuk Anda. Ini makanan ini dari berkat-berkat Allah," katanya bersemangat.

Baca Juga: Mamah Dedeh Selalu Beli Beras 200 Karung Sebulan dan Sedia Banyak Makanan

Mamah DedehMamah Dedeh saat diwawancarai Alvin Adam Foto: YouTube Alvin & Friends


Di usia yang tak lagi muda, Mamah Dedeh terlihat cukup bugar. Ia sering berceramah ke berbagai tempat sebelum pandemi COVID-19 mengharuskan semua orang membatasi aktivitas di luar rumah dan berkumpul.

Pendakwah yang kerap menerima 'curhatan' ibu rumah tangga ini mengaku tak ada rahasia untuk menjaga kebugarannya. Pun urusan makan, ia masih makan apapun yang disukai. "Tidak ada saya pantangan apa-apa, yang penting saya ikhlas, apa yg Allah ciptakan itu baik. Yang tidak boleh berlebihan, itu saja," katanya kepada detikHealth (25/5/18).

Gulai kikil khas MinangGulai kikil khas Minang jadi favorit Mamah Dedeh Foto: detikFood


Ia pun tak takut masih menyantap makanan yang terkenal 'tak sehat' seperti otak dan kikil. Ia bahkan masih makan durian, buah yang dihindari banyak lansia. "Kalau saya mah nggak (memantang), kita makan asal jangan berlebihan. Karena Allah ciptakan makanan untuk dinikmati," pungkasnya.

Baca Juga: Rahasia Mamah Dedeh Tetap Sehat di Usia 67



Simak Video "Bikin Laper: Kolaborasi Pasta dengan Buntut"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)