Bentuknya Aneh, Warga Thailand Sembah Buah Nanas Ini

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 27 Mei 2020 09:00 WIB
- Foto: Istimewa
Jakarta -

Baru-baru ini nanas bentuk unik yang menyerupai kipas talipot yang digunakan biksu saat berdoa. Akhirnya buah nanas ini dipuja dan disembah warga Thailand.

Lewat video singkat yang diunggah oleh situs Viral Press (26/05), terlihat banyak orang yang datang mengunjungi salah satu kuil untuk berdoa dan memuja buah nanas yang memiliki bentuk aneh. Kuil ini berada di wilayah Yasothon, Thailand.

Baca Juga: 10 Manfaat Buah Nanas yang Baik bagi Kesehatan

-- Foto: Istimewa

Menurut Boon Seeda selaku pengurus kuil, ia mengatakan menemukan nanas bentuk unik ini dari salah satu penjual buah. Jika biasanya nanas memiliki bentuk yang sedikit lonjong, kalau nanas unik bentuknya seperti kipas talipot. Kipas talipot sendiri digunakan para biksu saat tengah berdoa di kuil.

"Saat itu saya tengah mengumpulkan pemberian makanan untuk persembahan dari penduduk setempat. Kemudian kami melewati keranjang buah dan saya menemukan buah nanas unik ini," jelas Boon yang berusia 69 tahun.

"Saya kemudian bertanya kepada penjual buah ini. Saya cukup kaget saat dia bilang bahwa buah ini adalah nanas karena saya tak pernah melihat nanas yang memiliki bentuk aneh seperti ini sebelumnya," lanjut Boon.

-- Foto: Istimewa

Karena bentuknya yang unik akhirnya penjual buah itu memberikan nanas tersebut untuk dibawa Boon ke kuil.

"Penjual buah tersebut menyuruh saya untuk membawa buah nanas itu ke kuil, karena menurutnya bentuknya seperti kipas talipot," pungkas Boon.

Sejak saat itu banyak warga setempat yang datang ke kuil untuk berdoa sekaligus melihat buah nanas unik ini.

Kipas talipot sendiri merupakan salah satu benda religius yang biasanya digunakan para biksu dari agama Buddha untuk menutupi wajah mereka sambil berdoa. Dulu kipas ini dibuat menggunakan daun dari pohon palem talipot.

-- Foto: Istimewa

Sementara buah nanas dianggap sebagai buah pembawa keberuntungan dan kemakmuran bagi orang-orang China. Bahkan buah nanas wajib dibawa saat pindah ke rumah baru, dengan memutar nanas ke dalam rumah artinya menyambut kemakmuran di rumah baru.

Banyak netizen yang mengeluarkan berbagai komentar tentang penemuan nanas aneh ini.

"Bentuk dari nanas ini sangat aneh tapi cukup menarik. Jadi penasaran dengan rasa buahnya," komen salah satu netizen.

"Nanas yang solid dan bentuknya tak biasa," pungkas netizen lainnya.

Baca Juga: Jamur Raksasa di Thailand Ini Disembah dan Diberi Makan Setiap Harinya



Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)