Roy Suryo Viral Setelah Nyinyir Panci dalam Video Ucapan Lebaran Jokowi

Devi Setya - detikFood Selasa, 26 Mei 2020 11:30 WIB
roy suryo bahas panci Foto: twitter/istimewa
Jakarta -

Cuitan Roy Suryo soal panci dan ketupat dalam video ucapan Lebaran Jokowi mendapat sorotan netizen. Roy Suryo bahkan jadi trending topic setelah menyindir panci ini.

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga ini mengomentari video ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri dari Presiden Jokowi dan Iriana. Ia terfokus pada panci dan ketupat yang ikut tersorot dalam video.

Lewat akun twitternya @krmtroysuryo2, pria yang dikenal juga sebagai pakar telematika ini menjelaskan teknik pengambilan video Jokowi. Ia memberikan lingkaran merah pada panci dan piring berisi hidangan lebaran, termasuk ketupat dan lauk khas Lebaran lainnya.

roy suryo bahas panciroy suryo bahas panci Foto: twitter/istimewa


Baca juga : Cantik dan Anggun! Istri Roy Suryo Saat Hang Out Bareng Sosialita


Berdasarkan analisisnya, Roy Suryo mengklaim kalau video ini direkam pada siang hari.

"Begini teknis ilmiah-nya: Istana Bogor BEV (Bird-eye-View), kijang-kijang, danau: jelas siang hari. Ruangan: sinar matahari di jendela. Pak Jokowi & Ibu Iriana: ada Side-Light sangat kuat & rata dari kanan, sifat Daylight, bukan Tungsten (Lampu) (Kuliah Tata Cahaya, 6 SKS)," tulis Roy.

Selain perkiraan waktu pengambilan video, Roy juga menyinggung soal alat makan dan ketupat yang dianggapnya sebagai aksesoris saja.

"Tweeps, Makanya karena saya masih yakin Pak
@jokowi & Ibu Iriana juga baru ber-Lebaran mulai hari ini, maka Semua Makanan, Minuman, Ketupat, bahkan Tempat Lauk dibelakang itu hanya "Asesoris shooting / Property" saja, karena secara Teknis Fotografis shooting dilakukan Siang Hari," lanjut Roy Suryo.

roy suryo bahas panciroy suryo bahas panci Foto: twitter/istimewa


Cuitan Roy soal video ucapan Jokowi ini terbilang banyak. Ia bahkan sempat memuji teknik pengambilan video yang disebutnya bagus. Namun tak sedikit nada sindiran yang juga dilayangkannya.

"Semoga ketupat, makanan & minuman yang ada di meja itu aksesori shooting saja ya, kan kemarin-kemarin masih puasa?" sindir Roy.

Dari cuitan ini, Roy justru mendapat banyak komentar pedas dari netizen. Banyak yang menganggap Roy kurang kerjaan karena menyoroti hal yang tak penting. Tak sedikit juga yang menyindir Roy terlalu sensitif dengan panci.

roy suryo bahas panciroy suryo bahas panci Foto: twitter/istimewa


Baca juga : 9 Momen Jokowi Menikmati Makanan 'Ndeso' Asli Indonesia


"Kalau ada panci, cepat sekali reaksinya," kata netizen.

"Kamu masih halu dengan hal2 yg berbau panci ya?" sindir netizen lain.

"Pada umumnya, orang bikin kartu ucapan lebaran itu tentu sebelum lebaran. Sebagian juga mengirimkannya sblm lebaran. Agar bisa berlebaran dgn tenang dan santai. Sesederhana itu aja bisa membuatmu halu. Mungkin krn faktor dosa panci yg akan terbawa seumur hidup kali yaa," beber netizen lain.

Cuitan ini sudah diretweet lebih dari 1.200 kali dan sebagian besar netizen malah menyindir Roy Suryo soal kasus masa lalu. Selama menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy dikabarkan membawa 3.000 barang milik negara, salah satu yang diduga adalah panci.



Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)