Tahanan Ini Viral karena Video Masaknya di Dalam Penjara

Riska Fitria - detikFood Minggu, 24 Mei 2020 19:00 WIB
napi masak Foto: tiktok/istimewa
Jakarta -

Seorang narapidana (napi) viral karena aksi memasaknya yang dilakukan di dalam penjara. Video memasak itu dibagikan melalui TikTok.

Adalah Jeron Combs, narapidana kasus pembunuhan asal paramount, California yang kini tengah menjalani hukuman penjara 70 tahun ditambah seumur hidup karena tindak kriminal yang ia lakukan.

Saat ini hukumannya di penjara telah berjalan 18 tahun. Melihat itu, tahanan penjara ini pasti tidak akan memiliki masa depan. Namun, ia punya cara yang unik untuk menghabiskan waktu selama di dalam jeruji besi.

napi masaknapi masak Foto: tiktok/istimewa


Cara unik tersebut adalah dengan merekam dirinya sendiri memasak berbagai makanan dan mengunggahnya di TikTok dengan nama akun @blockboyjmomey. Tentu saja aksi memasaknya ini dilakukan di dalam penjara.

Untuk mendukung kegiatan memasaknya, ia menggunakan bahan-bahan makanan seadanya. Bahkan alat-alat memasaknya ia buat sendiri dengan memanfaatkan alat yang ada di sekitarnya.

Seperti pada alat pemanggang yang dibuat seperti hot plate dari oven rusak yang diletakkan di bawah ranjang logamnya. Ia juga sering menggunakan kaleng bekas untuk peralatannya. Selain itu, ia juga dibantu oleh temannya untuk mengumpulkan bahan dan alat-alat.

Baca Juga : Ini Pengalaman Para Mantan Narapidana tentang Makanan di dalam Penjara


Dari aksi memasaknya itu, Jeron telah membuat buritto, tacco, quesadillas, ricebowl, tumis, burger, tostadas, daging hingga kue lapis lengkap dengan lapisan gula dan topping.

Jeron mengatakan bahwa aksi memasaknya itu dilakukan sebagai alternatif dari makanan yang ditawarkan penjara.

napi masaknapi masak Foto: tiktok/istimewa


"Saya memutuskan untuk memasak karena itu lebih baik daripada apa yang mereka berikan kepada kami. Kami mendapatkan paket makanan dari kantin, sehingga kami dapat memesan makanan dalam kemasan," ujar Jeron, seperti dikutip dari Daily Mail (21/05).

Lebih lanjut, Jeron juga menjelaskan bahwa makanan yang dimasak itu tidak hanya dimakan sendiri, tetapi juga diberikan untuk teman satu selnya, dan beberapa teman lainnya di penjara.

"Saya memiliki hobi memasak. Saya sudah berada di penjara sejak 18 tahun yang lalu dan di sinilah saya belajar semua masakan," ujarnya.

Dari hasil video memasaknya di TikTok tersebut, Jeron jadi viral dan dikenal oleh netizen sebagai tahanan yang jago masak. Bahkan ia sudah memiliki followers yang banyak. Jeron pun tak menyangka hal ini.

napi masaknapi masak Foto: tiktok/istimewa


"Awalnya saya memutuskan untuk mengirim video di Tiktok untuk bersenang-senang, tetapi saya tidak pernah berpikir seluruh dunia akan melihat saya," ujar Jeron.

Jeron berharap dengan video memasaknya di TikTok membuat orang-orang berpikir bahwa kehidupan di penjara tidak benar-benar seperti yang digambarkan dalam media dan acara TV. Video memasaknya banyak ditanggapi oleh komentar netizen.

"Kamu bisa menjadi koki. Kemampuan kamu untuk beradaptasi sangat menginspirasi," tulis netizen.

"Tidak sabar untuk melihat apa yang akan kamu masak selanjutnya Jujur ini menghibur saya ketika saya sedang bosan," tulis netizen lainnya.

Baca Juga : Sebelum Ditutup, Ini Makanan yang Disajikan di Alcatraz, Penjara Paling Kejam di Dunia



Simak Video "Nyamannya Belanja di Pasar Modern Fresh Market Pantai Indah Kapuk"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)