Lebaran di Rumah Aja

Ngangenin Euy! Cuanki hingga Batagor Bandung yang Nikmat

Yenny Mustika Sari - detikFood Sabtu, 23 Mei 2020 11:30 WIB
batagor yunus Foto: Dok. detikFood/Riska Fitria
FOKUS BERITA Lebaran di Rumah Aja
Jakarta -

Tak bisa mudik saat lebaran membuat banyak warga Bandung rindu dengan makanan kampung halamannya. Mulai dari cuanki hingga batagor.

Bandung selalu ramai dan meriah setiap lebaran. Namun karena pandemi COVID-19, banyak orang asli Banding tidak bisa mudik demi menjaga kesehatan dan keselamatan keluarga di kampung halaman.

Lewat streaming Pulang Kampung Digital yang diselenggarakan detikcom (22/5), para selebriti yang kampung halamannya di Bandung pun mengungkapkan beberapa makanan yang mereka rindukan. Ada 3 makanan yang mereka sebutkan yaitu cuanki, batagor, dan mie yamin atau mie ayam.

Berikut 3 makanan yang paling dirindukan dari Bandung.

Baca Juga: Dingin-dingin Enaknya Makan Cuanki Bandung yang Gurih

1. Cuanki

bakso cuanki unggahan netizenBakso cuanki Foto: Instagram MissNomNom

Cuanki merupakan makanan khas Bandung sejenis bakso dengan tambahan tahu, mie, dan pangsit goreng yang diguyur kuah bening. Nama cuanki sendiri berasal dari singkatan "Cari Uang Jalan Kaki" dimana dulu para pedagang cuanki memikul dagangannya keliling kampung.

Namun saat ini di Bandung sudah ada beberapa tempat populer untuk menikmati satu mangkuk cuanki yang lezat. Namanya Cuanki Serayu yang sudah terkenal sejak tahun 1990. Lokasinya ada di Jalan Serayu No. 2, Bandung. Tempat ini selalu ramai dikunjungi karena terkenal dengan rasanya yang nikmat.

2. Mie Yamin

Mie Baso AkungMie Baso Akung Foto: dok. detikFood

Mie yamin juga jadi salah satu kuliner wajib untuk dicicipi di kota Kembang. Berupa hidangan mie yang diolah dengan bumbu kecap hingga rasanya manis. Lalu diberikan topping olahan ayam. Bisa juga menambahkan pelengkap lain seperti bakso dan pangsit rebus.

Untuk menikmati mie yamin di Bandung ada beberapa tempat populer. Seperti Mie Akung yang sudah melegenda sejak tahun 1976. Bahkan tempat makan mie yamin ini pernah jadi lokasi syuting film Dilan. Rasa mie yamin di sini juga nikmat dengan porsi yang banyak.

Baca Juga: Mie Baso Akung: Yamin Legendaris dengan Topping Ceker Super Lembut!

3. Batagor

Batagor enak di BandungBatagor enak di Bandung Foto: dok. detikFood

Satu lagi makanan khas Bandung yang kerap dirindukan oleh orang-orang yang tak bisa mudik. Batagor yang merupakan camilan tradisional berupa bakso tahu goreng. Camilan tradisional ini serupa dengan siomay, cara penyajiannya pun sama menggunakan sambal kacang.

Jadi makanan khas yang selalu diburu kalau ke Bandung, ada beberapa tempat yang enak untuk menikmatinya. Seperti Batagor Riri, Kingsley, Abuy, Yunus, dan lainnya. Batagor ini juga kerap jadi oleh-oleh para pelancong atau pemudik.



Simak Video "Menu Sahur Simple: Masak Tomato Scramble Egg"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)
FOKUS BERITA Lebaran di Rumah Aja