Pakai Jurus Kung Fu, Video Memasak Ini Jadi Keren dan Viral

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 23 Mei 2020 14:00 WIB
- Foto: Istimewa
Jakarta -

Ilmu bela diri kung fu ternyata tidak hanya bisa diterapkan untuk berkelahi saja. Tapi juga bisa jadi metode masak yang keren dan unik.

Dengan animasi yang keren dan visualisasi yang sempurna, video masak ini jadi viral di China. Apalagi ditambah dengan aksi kung fu yang memukau dan kebanyakan video di ambil di alam bebas. Seperti di tengah hutan, sungai, tebing hingga pegunungan.

Dilansir dari SCMP (22/05), video masak dengan metode kung fu ini dibuat oleh tiga orang dari Provinsi Guizhou, yang sangat menyukai film kung fu sejak mereka masih kuliah.

Baca Juga: Ini Dia 6 Video Masak yang Paling Banyak Ditonton di YouTube

"Kami sangat suka film kung fu saat kuliah, kami sering mendiskusikan film-film tersebut di asrama," jelas Cheng Hongliang salah satu pembuat video masak kung fu ini.

-- Foto: Istimewa

Mereka bertiga akhirnya memutuskan untuk membuat konten video memasak lengkap dengan adegan kung fu yang keren.

Agar video masak mereka mirip seperti di film bergenre aksi, mereka harus menyiapkan kostum dan peralatan masak sendiri. Kebanyakan mereka membuat kostum ini sendiri agar terlihat lebih mirip seperti di film kung fu.

"Kami menggunakan sandpaper untuk membuat kostum terlihat lebih vintage dan kuno. Kami mempelajari semua trik dan adegan dari film-fim yang kami tonton dulu," lanjut Cheng yang mengunggah video mereka ke YouTube dan memiliki lebih dari 800 ribu penggemar.

-- Foto: Istimewa

Menurutnya bagian tersulit dalam pembuatan video masak ini adalah menemukan ide dan mencari lokasi syuting yang tepat.

Berbeda dengan video masakan lainnya, video buatan Cheng dan kawan-kawan diisi oleh makanan terbang yang melayang di udara. Seperti ikan yang ditangkap dari sungai kemudian dilempar ke udara dan mendarat di atas pangangan batu.

Kemudian ada juga ikan dan bebek yang dipanggang menggunakan metode kungfu yang merupakan hasil editan spesial efek canggih dengan hasil yang realistis.

-- Foto: Istimewa

"Kami sebenarnya memiliki banyak ide hanya saja sulit untuk diwujudkan sekarang. Butuh waktu sekitar tiga hari untuk membuat satu video masakan berdurasi pendek," tutur Cheng.

Banyak netizen yang mengkhawatirkan bahwa proses video masak ini membahayakan lingkungan alam bebas. Namun Cheng dan kedua temannya berjanji bahwa hal itu tidak akan terjadi.

"Kami sangat peduli dengan lingkungan. Banyak orang yang khawatir kami akan meninggalkan sampah dan limbah lainnya setelah syuting, tentu kami tidak akan melakukannya. Kami juga memiliki izin resmi dari pihak berwenang untuk mengunjungi tempat-tempat ini," pungkas Cheng.

Lewat video masak ini Cheng dan teman-temannya berharap bisa memperkenalkan kebudayaan tradisional China di masa depan.

Baca Juga: Belajar Masak Jadi Mudah dengan Tutorial Masak dari 5 Channel Youtube Ini



Simak Video "Es Timun Suri Cincau, Segar dan Manis untuk Buka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)