Mengintip Sibuknya Dapur Kapal Laut, Setiap Hari Sajikan Ratusan Porsi Makanan

Devi Setya - detikFood Jumat, 22 Mei 2020 18:00 WIB
dapur di kapal laut Foto: youtube
Jakarta -

Perjalanan panjang yang ditempuh menggunakan kapal laut tentu saja membuat para penumpang dan ABK membutuhkan makanan. Ini yang menjadikan dapur kapal laut selalu sibuk.

Makanan yang disajikan di atas kapal laut berbeda dengan transportasi publik lainnya. Petugas dapur di kapal laut harus mengolah makanan untuk disajikan untuk penumpang dan anak buah kapal (ABK).

Channel youtube Watchdoc Image membagikan pemandangan dapur di atas kapal transportasi milik negara ini. Tepatnya di atas KM Tatamailau yang melayani rute Merauke, Papua menuju Morotai, Maluku. Perjalanan ini ditempuh dalam waktu 5 hari jadi penumpang harus bertahan di atas kapal laut sampai kapal berlabuh di tujuan akhir.

dapur di kapal lautdapur di kapal laut Foto: youtube



Baca juga : Dapur Kapal Pesiar Terbesar di Dunia Ini Sajikan 30 Ribu Makanan Setiap Hari


Kapal dengan kapasitas 1.000 penumpang ini setiap harinya harus mengolah menu makan siang dan makan malam. Para petugas bagian dapur saling berbagi tugas agar makanan tersaji tepat waktu dengan jumlah yang cukup.

Di sini terlihat area dapur yang terdiri dari ruang penyimpanan kering, ruang penyimpanan daging, area masak dan area penyajian. Ada beberapa petugas dapur yang masing-masing mengerjakan proses persiapan mulai dari menyiapkan bumbu, bahan pokok hingga bahan pelengkap.

Area dapurnya tidak luas namun dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mengolah ratusan porsi makanan setiap hari. Jika dilihat dari susunan menunya, penumpang kapal mendapatkan menu yang menggoda. Ada ayam goreng lengkuas, ikan bakar dabu-dabu, gulai daun singkong dan teri balado kacang.

dapur di kapal lautdapur di kapal laut Foto: youtube


Saat jam makan tiba, menu ini dikemas menggunakan wadah styroafoam untuk memudahkan proses distribusi kepada penumpang. Setiap penumpang memiliki tiket makan yang bisa ditukarkan dengan makanan dan minuman.

Sayangnya, video ini juga memperlihatkan kalau masih banyak penumpang bahkan petugas kebersihan yang membuang sampah ke laut. Tentu ini jadi perhatian khusus karena sampah kemasan makanan ini termasuk jenis yang sulit terurai.

Namun kabarnya saat ini pihak PELNI sudah tidak menggunakan wadah steroafoam lagi dan menggantinya dengan wadah yang ramah lingkungan. Tentu hal ini harus diapresiasi.

Baca juga : Melihat Kesibukan di Dalam Dapur Pesawat Terbesar di Dunia

dapur di kapal lautdapur di kapal laut Foto: youtube


Video ini diambil beberapa tahun lalu tetapi baru diunggah akhir Februari 2020. Pemandangan dapur kapal ini dianggap sebagai konten menarik oleh netizen. Banyak yang memuji konten youtube ini karena memperlihatkan suasana yang tak pernah dilihat banyak orang.

"Konten youtube yang begini harusnya jadi trending. Keren banget," ujar satu netizen.

"Video diambil 2015, ditayangkan sekarang tetap keren. Tapi sedih lihat yang buang styrofoam ke laut," ujar netizen lain.



Simak Video "Tips Ampuh Bersihkan Dapur Biar Nggak Jadi Sarang Virus Corona!"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)