Wuhan Keluarkan Larangan Makan Daging Hewan Liar Selama 5 Tahun

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 22 Mei 2020 14:00 WIB
- Foto: Istimewa
Jakarta -

Wuhan yang menjadi pusat penyebaran virus Corona di China kini mengeluarkan peraturan terbaru. Berupa larangan makan daging hewan liar selama lima tahun.

Kota Wuhan resmi mengeluarkan larangan konsumsi daging hewan liar yang dipercaya menjadi penyebar virus Corona. Kebijakan ini sudah diterapkan sejak tanggal 13 Mei lalu dan bertahan selama lima tahun ke depan.

Baca Juga: Beijing Resmi Larang Konsumsi Daging Hewan Liar

-- Foto: Istimewa

Dilansir dari DailyMail UK (22/05), banyak ahli di China yang menyebutkan bahwa virus Corona ini menyebar dari hewan liar yang dijual di pasar seafood Huanan. Pasar ini sendiri ditutup sejak 1 Januari lalu dan dikenal menjual berbagai jenis hewan liar.

Seperti rubah, buaya, anak serigala, ular, tikus, burung merak, koala hingga pangoline. Dari total yang ada, virus Corona di China membunuh 4,634 jiwa dan menginfeksi 82,965 orang di sana.

Hal ini lah yang membuat pemerintah provinsi Hubei, tempat kota Wuhan berada mulai merancang larangan konsumsi daging hewan liar.

-- Foto: Istimewa

Sebelum mengeluarkan kebijakan ini, pemerintah pusat di China juga melarang perdagangan atau konsumsi seluruh hewan liar untuk sementara waktu.

Di tahun 2017 perdagangan daging hewan liar di China nilanya mencapai 520 milyar yuan (Rp 1 triliun). Industri ini cukup menjanjikan karena peminatnya yang banyak.

Dalam kebijakan ini pemerintah melarang semua orang menyantap daging hewan liar yang ada di daratan atau hewan liar yang terancam punah termasuk biota laut eksotik.

-- Foto: Istimewa

Selain larangan konsumsi, warga Wuhan juga dilarang berburu hewan liar di seluruh wilayah kota itu. Sementara bagi para pekerja medis yang memburu daging hewan liar untuk obat, diperlukan surat izin khusus dari pemerintah.

Semua aktivitas seperti ternak hewan liar, perdagangan hewan liar, membawa hewan liar hingga mengirim hewan liar adalah tindakan yang ilegal.

Sebelum Wuhan ada beberapa kota di China yang lebih dulu menerbitkan larangan konsumsi daging hewan liar. Seperti Beijing hingga Shenzhen.

Baca Juga: Shenzhen Kota Pertama di China yang Larang Konsumsi Anjing dan Kucing



Simak Video "Kangen dengan Pecel Sayur di Pasar Baru?"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)