Jangan Buang Biji Kurma, Tanamlah dengan Cara Ini di Indonesia

Devi Setya - detikFood Rabu, 20 Mei 2020 14:00 WIB
menanam kurma Foto: twitter/istimewa
Jakarta -

Di Indonesia, kurma terbilang sangat populer saat Ramadhan. Kalau ingin punya pohon kurma, kamu bisa menanamnya dengan cara mudah.

Pohon kurma bisa ditanam dengan bermodal biji kurma. Cara menanamnya juga mudah dan di Indonesia sudah ada beberapa pohon kurma yang tumbuh subur dan berbuah lebat. Di Pasuruan, Jawa Timur malah ada perkebunan kurma yang terhampar luas.

Bukan tidak mungkin, kamu bisa memiliki pohon kurma sendiri di halaman rumah atau kebun milik pribadi. Cara menanam kurma ini dibagikan oleh seorang netizen pengguna twitter @excel_ dee yang menunjukkan cara menyemai biji kurma.

menanam kurmamenanam kurma Foto: twitter/istimewa


Baca juga : Masyaallah! 5 Pohon Kurma Ini Tumbuh Subur dan Berbuah di Indonesia


Lewat sebuah utas, pengguna akun twitter ini menjelaskan langkah-langkah menyemai biji kurma hingga muncul tunas yang siap ditanam. Tak perlu repot, karena yang kamu butuhkan hanyalah biji kurma.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan biji kurma lalu dibersihkan dari sisa daging kurma. Cuci biji kurma dengan air mengalir hingga benar-benar bersih. Kemudian biji kurma ini harus dijemur hingga kering.

Setelah kering, siapkan air bersih dalam wadah. Rendam biji kurma selama 4-6 hari, jangan lupa air rendamannya harus diganti setiap hari. Setelah proses perendaman, biji kurma bisa langsung disemai.

menanam kurmamenanam kurma Foto: twitter/istimewa


Untuk proses penyemaian, kamu membutuhkan 1 siung bawang merah yang sudah dihaluskan. Bawang merah ini kemudian dicampur air dan digunakan untuk merendam biji kurma selama 1 jam. Tiriskan biji kurma.

Siapkan wadah yang sudah dialasi tisu yang basah lalu susun biji kurma di atas tisu. Tutup wadah lalu simpan di tempat yang tidak terkena ainar matahari. Langkah ini dilakukan selama 7 hari sampai biji kurma mengeluarkan kecambah.

Jika biji kurma sudah berkecambah, saatnya kamu menyiapkan media tanam berupa polibag dengan isi sekam, kompos dan tanah yang sudah diaduk rata. Masukkan satu per satu biji kurma ke dalam tanah. Simpan polibag di tempat teduh sampai pohon kurma mulai tumbuh besar.

Setelah agak besar, barulah pohon bisa dipindahkan ke tanah lapang agar bisa mendapatkan nutrisi dan tumbuh dengan leluasa. Setiap pohon kurma memiliki usia tumbuh yang berbeda-beda. Setidaknya dibutuhkan beberapa tahun hingga pohon bisa berbuah.

menanam kurmamenanam kurma Foto: twitter/istimewa


Membuat pohon kurma berbuah lebat bukanlah perkara mudah, karena diperlukan teknik perkawinan antara pohon jantan dan pohon betina.

Unggahan tentang menanam pohon kurma ini ternyata menarik perhatian banyak orang. Banyak yang langsung mencoba menyemai biji kurma dengan harapan bisa memiliki pohon kurma produktif yang berbuah lebat.

"Alhamdulillah kurma yang saya tanam sudah belajar berbuah," kata netizen yang usia pohon kurmanya sudah mencapai 3 tahun.

Ada juga yang baru mulai menyemai biji kurma. "Mulai lagi, semoga tumbuh subur," kata netizen sambil memperlihatkan biji kurma yang sedang direndam.

Nah mumpung masih berkegiatan di rumah dan mumpung konsumsi kurma masih banyak selama Ramadhan, tak ada salahnya mencoba menanam kurma. Kegiatan ini juga bisa jadi alternatif pengusir rasa bosan.

Baca juga : Beriklim Panas, Ini 5 Negara Penghasil Kurma Terbesar di Dunia



Simak Video "Slurp! Segarnya Berbuka dengan Es Kurma"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)