Kriuk Renyah Keripik Jangkrik, Siapa Mau?

Odilia WS - detikFood Rabu, 20 Mei 2020 03:00 WIB
keripik jangkrik dijual di Jepang Foto: Dok. Soranews24
Jakarta -

Keseimbangan alam menjadi perhatian penting produsen pangan dunia. Kini mulai dipopulerkan serangga sebagai pangan ramah lingkungan.

Pelestarian alam menjadi isu utama dalam produksi pangan dunia. Mengingat produksi pangan hewani berupa daging sapi membutuhkan banyak sumber daya alam. Seperti ladang rumput yang luas, sumber air yang banyak sehingga dianggap sangat tidak ramah lingkungan.

Bahan pangan berbahan serangga kini mulai dilirik sebagai bahan pangan ramah lingkungan. Serangga lebih mudah diternak, lebih kecil biayanya dan nilai gizi serangga juga tak kalah dengan daging sapi. Serangga digadang-gadang sebagai sumber pangan masa depan.

roti jangkrikJangkrik yang diternakkan. Foto: istimewa



Hal tersebut menarik perhatian Muji, sebuah perusahaan ritel Jepang yang bergerak di bidang perlengkapan rumah dan barang konsumsi. Terinspirasi dengan industri serangga Finlandia dan berkerja sama dengan Tokushima University, mereka membuat keripik jangkrik.

Produk ini diberi nama 'Koorogi Senbei' atau Cricket Crackers atau keripik jangkrik. Dikutip dari Soranews24 (17/5) keripik jangkrik ini dikemas dalam kantong putih khas Muji dengan lapisan plastik bening. Tak beda jauh dengan kemasan aneka keripik umumnya.

Sebagai informasi dalam 100 g jangkrik mengandung 60 gram protein. dibandingkan dengan kandungan protein ayam, babi, sapi, kandungan protein jangkrik 2.5 kali lipatnya. Jumlahnya bisa mencukupi kebutuhan harian protein yang dianjurkan. Cukup dengan ngemil 2 kantong keripik jangkrik ini.

keripik jangkrik dijual di JepangKeripik jangkrik dijual di Jepang Foto: Dok. Soranews24



Rasanya seperti apa ya keripik jangkrik ini? Menurut tim Muji, citarasa keripik jangkrik in mirip udang. Mungkin tepatnya mirip kerupuk udang. Bisa jadi demikian karena udang dan jangkrik bersaudara jauh.

Lalu dari mana asal jangkrik yang diolah Muji? Muji memakai jangkrik bertotol dua dari Okinawa sebagai bahan utama resep keripik jangkrik ini. Mereka mengembangbiakkan jangkrik dengan lingkungan yang higienis. Dimonitor dan diawasi kelembapannya juga suhu ruangannya.

Kalau penasaran ingin mencicipi keripik jangkrik ini mulai dijual tanggal 20 Mei. Tiang kemasan kantong harganya Rp 26.000. Sayangnya sementara waktu tersedia hanya dalam jumlah terbatas hingga terjual habis.

Jangkrik juga sudah berhasil dibuat tepung di Inggris dan diolah menjadi roti. Tepung jangkrik inipun sudah dilengkapi dengan sertifikat keamanan pangan. Sementara di Finlandia, Fazer Bakery sudah sukses menjual roti dari bahan tepung jangkrik kering. Selain enak rasanya nutrisi yang tinggi membuat roti ini digemari banyak orang di sana.



Simak Video "Nyamannya Belanja di Pasar Modern Fresh Market Pantai Indah Kapuk"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)