Resep Ramadhan Lezat

5 Tips Bikin Sayur Gurih yang Sedap Untuk Lauk Ketupat

Odilia WS - detikFood Selasa, 19 Mei 2020 11:00 WIB
Resep Sayur Gurih Labu Siam Foto: detikcom
FOKUS BERITA Resep Ramadhan Lezat
Jakarta -

Sayur gurih jodohnya ketupat. Meski hanya berisi sayuran tetapi tanpa siraman kuah santan berbumbu gurih pedas, ketupat lebaran kurang lengkap.

Seporsi ketupat lebaran biasanya dilengkapi dengan sayur gurih. Sayur berkuah santan dengan bumbu pedas gurih menjadi kuah ketupat. Ditambah opor ayam, rendang, sambal goreng hati dan taburan bawang merah goreng plus kerupuk kanji. Kenikmatan seporsi ketupat lebaran ini jadi ikon hari raya Idul Fitri.

Uniknya di setiap daerah di Indonesia puanya racikan ketupat yang berbeda. Ada yang dipadukan dengan sayur gurih berbumbu tauco, sayur gurih rebung, atau sayur gurih terubuk hingga pepaya muda. Ditambah lauk-pauk yang beragam, ketupat Lebaran tetap jadi incaran di hari Idul Fitri.

Terlihat sederhana, merebus santan ditambah bumbu dan sayuran. Tetapi nyatanya banyak yang gagal bikin sayur gurih yang sedap. Kuahnya terlalu encer atau kental, aromanya kurang gurih dan rasanya sedikit asam.

Jangan kecil hati, meski masih pemula, sayur gurih teman ketupat tetap bisa kamu bikin. Coba saja perhatikan beberapa tips penting berikut ini.

Resep Sayur Gurih Labu SiamResep Sayur Gurih Labu Siam Foto: detikcom



1. Sayuran

Jenis sayuran yang biasa diolah menjadi sayur gurih sangat beragam, tergantung pada sayuran favorit dan daerah masing-masing. Rebung dan pakis merupakan sayuran yang biasa dimasak sebagai gulai atau sayur gurih versi Sumatera Barat.

Sementara orang Betawi senang membuat sayur gurih dari terubuk atau bunga tebu. Rasa renyah terubuk bikin sayur gurih makin nikmat. Orang Jawa Tengah sering membuat sayur gurih dari labu siam dan pepaya muda.

Sayuran lain yang dipakai sebagai isian adalah daun melinjo, kacang panjang, buncis, atau kulit melinjo. Pilih saja sayuran yang sesuai selera. Sebaiknya iris atau potong-potong sayuran dengan ukuran yang sama supaya bisa matang dan lunak dalam waktu bersamaan.

Khusus untuk labu siam dan pepaya muda sebaiknya remas-remas sayuran dengan sedikit garam agar getahnya hilang. Kemudian bilas dengan air bersih dan tiriskan. Sayuran siap direbus bersama santan dan bumbu.

Tips Membuat Opor AyamTips Membuat Sayur Gurih. Foto: iStock



2. Santan

Manakah yang lebih enak memakai santan segar atau santan instan? Keduanya bisa dipakai. Tetapi untuk mendapatkan rasa gurih manis kelapa yang enak, gunakan santan segar. Santan instan umumnya diberi bahan pengental dan aroma sehingga terasa kurang sedap.

Berapa banyak perbandingan santan dan sayuran? Karena sayur gurih dinikmati dengan kuahnya. Sebaiknya gunakan perbandingan 1:3 untuk sayuran dan kuah santannya. Jika terlalu kental dan sedikit kuahnya kurang nikmat dimakan bersama ketupat.

Untuk santan segar, ambillah santan kental lebih dahulu baru kemudian peras kelapa parut untuk santan encernya. Santan encer dipakai untuk merebus sayuran. Setelah sayuran hampir lunak tambahkan santan kental dan masak hingga sayuran dan bumbu matang.

Resep Sayur Gurih Labu SiamResep Sayur Gurih Labu Siam Foto: detikcom




3. Bumbu

Bumbu sayur gurih umumnya terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe rawit, sedikit terasi, gula dan garam. Ditambah rempah segar berupa daun salam, serai dan lengkuas. Bumbu ini boleh saja disesuaikan dengan selera. Misalnya ditambahkan kunyit untuk mendapatkan warna kuning pada kuahnya.

Tumis bumbu halus dengan minyak secukupnya (tergantung banyaknya bumbu) hingga aromanya harum dan bumbu bergumpal kecil. Jika memakai tambahan ebi atau udang, tumis bersama bumbu hingga matang lalu masukkan ke dalam santan encer dan masak hingga mendidih.

Untuk penambah rasa dan aroma, sayur gurih bisa ditambahkan udang segar ukuran kecil atau ebi. Sebaiknya rendam ebi hingga lunak lalu tumbuk kasar agar rasa dan aromanya lebih meresap ke dalam kuah santan.

ikan asin populerikan asin jambal roti. Foto: Detikfood



4. Isian

Selain udang dan ebi, di Sumatera biasanya digunakan ikan asap. Aroma asap yang harum menambah lezat kuah sayur gurih sayuran. Ikan pari, ikan lele atau ikan cakalang dan ikan selais bsa dipilih. Tambahkan ikan asap sedikit saja agar aroma sayur gurih makin enak.

Beberapa orang menambahkan tetelan daging sapi atau iga sapi dalam sayur gurih. Bisa menambah gurih kuahnya. Hanya saja jangan terlalu banyak dan hindari daging berlemak agar sayur gurih tidak gurih berlebihan.

Buat penggemar ikan asin juga bisa menambahkan ikan asin dalam sayur gurih. Sebaiknya pilih ikan asin yang dagingnya tebal dan tidak terlalu asin. Ikan teri tawar, teri medan tawar, ikan gabus, atau ikan jambar roti sering dijadikan campuran sayur gurih. Jika memakai tambahan ikan asin, kurangi jumlah garam dalam bumbu.

Resep Sayur Gurih Labu SiamResep Sayur Gurih Labu Siam Foto: detikcom



5. Menghangatkan kembali

Jika tak habis disantap dalam sekali sajian sayur gurih biasanya disimpan. Sebaiknya panaskan kembali sayur gurih hingga mendidih. Dinginkan dan simpan di dalam kulkas atau biarkan di dalam pancinya dengan suhu ruangan.

Setelah dipanaskan kembali sebaiknya jangan diaduk-aduk lagi karena sayur akan mudah basi. Jika dipanaskan berulang biasanya sayuran menjadi sangat lunak dan kurang enak dimakan. Karena itu usahakan untuk membuat sayur gurih sekali atau dua kali disajikan saja.

Kuah sayur gurih masih bersisa banyak? Jangan dibuang. Tambahkan saja sayuran lagi dan sedikit ebi kemudian masak kembali hingga sayuran lunak. Sayur gurih mudah sekali asam karena memakai santan. Karenanya pastikan kuahnya mendidih bergolak beberapa saat ketika memanaskan ulang.



Simak Video "Bikin Ngiler! Mie Sarden Keju, Cocok untuk Berbuka"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)
FOKUS BERITA Resep Ramadhan Lezat