Punya Sisa Nasi dan Telur? Bisa Bikin Sahur Enak ala Chef Alton Brown Ini

Odilia WS - detikFood Senin, 18 Mei 2020 03:00 WIB
Olahan nasi Jepang Foto: iStock
FOKUS BERITA Resep Ramadhan Lezat
Jakarta -

Resep dengan 4 bahan ini gampang banget dibuat. Terutama kalau kamu sedang tak banyak punya stok bahan makanan.

Sisa nasi putih tak harus jadi nasi goreng. Meskipun nasi goreng sering jadi pilihan buat sahur praktis. Chef Alton Brown punya ide cemerlang buat bikin sajian enak dari sisa nasi putih.

Alton Brown dikenal sebagai pembawa acara Good Eats di saluran Food Network. Kecuali itu juga dikenal sebagai komentatron Iron Chef America dan Cutthroat Kitchen juga sebagai musisi dan sinematografer.

Nasi Telur ala Alton BrownNasi Telur ala Alton Brown Foto: Instagram @altonbrown



Melalui akun Instragramnya @altonbrown ia membegikan tips mengolah sisa nasi dan telur jadi sajian enak. Yang diperlukan hanya 4 bahan saja. Sisa nasi putih, telur ayam, minyak sayur dan furikake (bahan taburan nasi khas Jepang). Furikake biasanya berisi biji wijen, butiran ikan kering, garam, gula dan MSG serta nori.


Cara membuatnya mudah. Panaskan wajan di atas api sedang, beri sedikit minyak sayur. Kemudian taruh nasi putih sekitar 1 piring di atasnya, ratakan, dan panaskan hingga bagian bawahnya jadi agak keras.

Nasi Telur ala Alton BrownNasi Telur ala Alton Brown Foto: Instagram @altonbrown



Selanjutnya bikin sedikit cerukan di atas nasi putih, pecahkan telur di dalam cerukan. Tutup wajan dan biarkan hingga telur membeku tetapi kuning telurnya setengah matang. Taburi furikake dan sajikan panas.

Furikake bisa diganti dengan bahan taburan yang ada di rumah seperti bawang merah goreng, abon, serundeng atau taburan cabai kering berbumbu (boncabe). Tentu saja minyak sayur bisa diganti dengan margarin atau mentega.

Dalam beberapa unggahannya di akun Instragram chef Alton Brown sering membagikan resep praktis dari menyajikan roti panggang, menggoreng telur hingga memanfaatkan sisa bibimbap (nasi campur sayur dan daging khas Korea) menjadi sajian baru yang enak.



Simak Video "Menu Sahur Simple: Masak Tomato Scramble Egg"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)
FOKUS BERITA Resep Ramadhan Lezat