UMKM Kuliner Bisa Promosikan Bisnis Lewat Stiker Baru Instagram

Riska Fitria - detikFood Rabu, 13 Mei 2020 12:30 WIB
stiker umkm instagram Foto: instagram
Jakarta -

Setelah merilis stiker 'Food Orders', Instagram kembali meluncurkan dua stiker baru untuk membantu pelaku UMKM mempromosikan bisnis kuliner di Instagram.

Dampak dari pandemi COVID-19 turut dirasakan oleh pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Mengikuti aturan PSBB banyak warung-warung makan kaki lima yang terpaksa harus menutup gerainya.

Tak sedikit yang beralih menawarkan produk makanannya secara online. Media sosial seperti Instagram dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan produk jualan untuk sampai ke khalayak luas.

stiker umkm instagramstiker umkm instagram Foto: instagram


Hal tersebut disampaikan melalui video call conference yang diadakan pada (12/05) oleh Instagram bersama narasumber Aldo Rambie selaku Vertical Lead Facebook Companies dan Chef Arnold Poernomo, Founder & CEO Mangkokku.

Dalam video call conference tersebut, para narasumber membahas tentang tantangan Bisnis di Tengah Pandemi COVID-19 dan Dukungan Instagram Bagi Para UMKM dalam hal ini, fitur stiker instagram dapat dimanfaatkan untuk membantu bisnis kuliner yang terkena dampak COVID-19.

Seperti beberapa waktu lalu, Instagram telah merilis stiker 'Food Orders' untuk para penjual produk makanan. Pada stiker tersebut, Instagram bekerjasama dengan Grabfood dan Gofood sebagai mitra pengantar makanan.

stiker umkm instagramstiker umkm instagram Foto: instagram


"Usaha mikro, kecil dan menengah adalah bagian penting dari pengguna kami dan kami memahami tantangan-tantangan yang mereka hadapi di tengah masa sulit ini. Kami akan terus mengembangkan dan meluncurkan fitur-fitur serta inisiatif-inisiatif yang dapat menghubungkan UMKM dengan para pelanggan mereka untuk membantu mereka mempertahankan kelangsungan bisnis," ujar Karen Teo, Vice President of The Global Business Group, APAC.

Stiker tersebut dapat digunakan pada Story oleh pelaku UMKM yang sudah terdaftar di layanan ojek online. Jadi, dengan mengetuk stiker 'Food Orders' mereka akan diarahkan ke layanan pesan online yang sudah terdaftar di Grabfood maupun Gofood.

Lantas bagaimana jika pelaku UMKM yang belum terdaftar di layanan ojek online? Dalam hal ini, Aldo Rambie selaku Vertical Lead Facebook Companies mengatakan bahwa mereka tetap dapat memanfaatkan stiker yang baru dirilis.

Baca Juga : Pesan Makanan Jadi Mudah Lewat Fitur Stiker Terbaru di Instagram

stiker umkm instagramstiker umkm instagram Foto: instagram


Stiker tersebut adalah 'Support Small Business' yang merupakan cara baru dan mudah untuk pengguna mengekspresikan dukungan terhadap bisnis kuliner favorit mereka di Instagram. Setiap stories yang menggunakan stiker ini akan dikumpulkan menjadi sebuah stories gabungan.

"Dengan begitu, pengguna dapat melihat kumpulan UMKM favorit mereka dan turut memberikan dukungan bagi mereka di tengah masa sulit. Nah, stiker ini juga bisa dimanfaatkan oleh pelaku UMKM yang belum terdaftar di ojek online untuk mempromosikan dagangannya," ujar Aldo Rambie.

Selain itu, Instagram juga merilis stiker 'Gift Card' untuk membantu pelaku UMKM memasarkan voucher diskon dari bisnis kuliner mereka. Pelaku UMKM dapat menggunakan stiker ini di stories atau menambahkan tombol tindakan di profil bisnis.

Ketika pengguna mengetuk stiker ini, mereka akan diarahkan ke lama mitra penyedia gift card Instagram. Untuk menggunakan sticker ini, pelaku UMKM dapat bergabung dengan mitra penyedia gift card Instagram dengan langkah-langkah yang tercantum pada situs resmi mitra Instagram.

Baca Juga : Ini Cara Pesan Makanan Sesuai Jadwal Kamu Saat WFH



Simak Video "Raffi Ahmad Jadi Duta UMKM Gegara Sering Review Makanan di Medsos"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)