Ini Serba-serbi tentang Salmon yang Perlu Kamu Tahu

Content Promotion - detikFood Selasa, 12 Mei 2020 09:02 WIB
SalmonHu.com Foto: dok SalmonHu.com
Jakarta -

Salmon kerap ditemui di makanan Jepang seperti sushi dan sashimi. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang gurih memberikan sensasi tersendiri saat menyantap ikan ini. Ikan salmon juga dikenal dengan kandungan Omega 3 dan 6 yang sangat baik untuk kesehatan jantung dan tubuh.

Namun ternyata ada banyak fakta unik tentang ikan salmon, loh. Melansir Mashed, berikut fakta unik dan serba serbi ikan salmon. Ada juga cara memilih ikan salmon yang segar dan berkualitas.

Ada Banyak Jenis Salmon

SalmonHu.com-Salmon fillet fresh sashimi grade Salmon fillet fresh sashimi grade Foto: dok SalmonHu.com


Secara garis besar, ikan salmon dapat dibedakan menjadi dua, yaitu salmon Pasifik dan salmon Atlantik. Salmon Pasifik dikenal dengan salmon liar yang memiliki kualitas bagus dan ditangkap di lautan Pasifik. Beberapa jenis salmon Pasifik di antaranya yaitu salmon coho, salmon merah muda, salmon chinook, dan salmon sockeye.

Namun, keberadaan salmon liar saat ini sudah sangat sedikit dan tidak dapat memenuhi kebutuhan dunia. Oleh karena itu, salmon Atlantik menjadi jenis salmon yang banyak ditemui di pasaran. Salmon Atlantik merupakan jenis salmon yang dikembangbiakkan dengan cara budidaya. Setiap jenis ikan salmon memiliki karakter rasa dan kandungan nutrisi yang berbeda.

Salmon Berpengaruh Terhadap Lingkungan

Ikan salmon merupakan ikan yang hidup di laut tapi akan bereproduksi di sungai. Ketika masa kawin dan bertelur, ikan ini akan memenuhi aliran sungai di sekitar laut Alaska dan Pasifik. Pada saat inilah beruang grizzly akan menangkap salmon dan menyantapnya sebagai sumber nutrisi.

Setelah puas berburu salmon, sisa tulang ikan akan dibuang ke pinggir sungai. Sisa bangkai salmon yang mengendap ribuan tahun inilah yang akan menghasilkan fosfor, karbon, sulfur, dan nitrogen yang berharga bagi bumi.

Cara Memilih Salmon Segar

SalmonHu.com Foto: dok Youtube Wiliam Gozali


Kesegaran salmon akan mempengaruhi kualitas dan cita rasanya. Salah satu tanda salmon itu masih segar yaitu tidak ada cairan atau lendir pada daging ikan salmon. Salmon segar juga ditandai dengan aroma yang segar, tidak amis, dan memiliki bau khas laut.

Tekstur dagingnya juga kenyal, padat, dan pada saat ditekan daging akan langsung kembali ke bentuk semula. Sedangkan untuk tampilannya masih mengkilap dan bersih. Sedangkan untuk bagian insangnya, salmon segar akan memiliki insang berwarna merah cerah dan memiliki mata yang jernih dan bening.

Buat kamu yang mau membeli ikan salmon yang sudah terjamin kualitas dan kesegarannya, kamu bisa pilih Salmon Hu. Selain ikan salmon, tersedia pula produk seafood lainnya seperti, udang, cumi, unagi kabayaki, dori, kakap merah, kerapu, bawal Jepang, bawal putih, saba fillet, tuna saku, dan lain-lain.

SalmonHu.comBawal Jepang fresh - Foto: dok SalmonHu.com


Bawal Jepang (Marukoban) yang dijual di Salmon Hu merupakan ikan imigrasi dari Jepang. Ikan ini dapat berkembang biak dengan baik di suhu perairan Indonesia. Bibit ikan ini pun diimpor dari Taiwan dan Jepang kemudian dibudidayakan dalam keramba besar HDPE yang berada di Kepulauan Seribu.

SalmonHu.comBawal Jepang sashimi - Foto: dok SalmonHu.com


Kualitas bawal Jepang yang dijual di Salmon Hu tak perlu diragukan lagi. Sebab, dari pakannya saja diimpor dari Taiwan dan Jepang yang diproduksi oleh perusahaan ternama. Kualitasnya terjamin dan tidak mengandung bahan kimia, antibiotik maupun heavy materials.

SalmonHu.comUnagi kabayaki- Foto: dok SalmonHu.com


Di tengah pandemi COVID-19, banyak orang yang concern menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit. Salah satu caranya yakni dengan mengonsumsi ikan segar. Namun di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ini orang-orang tak bisa sesuka hati keluar rumah dan pergi ke pasar.

Banyak orang yang memilih belanja dari rumah untuk menghindari kontak dengan orang lain. Dengan kondisi seperti ini, kini mulai bermunculan berbagai penjual seafood online yang mengiming-imingi produk ikan yang fresh. Padahal setelah sampai di tangan pembeli ternyata tidak sesuai dengan klaim.

Oleh karena itu, konsumen harus memilih dengan cermat penjual seafood online yang terpercaya menjual ikan fresh seperti Salmon Hu. SalmonHu.com adalah pasar ikan online pertama di Jakarta, Indonesia yang menjual ikan salmon segar sashimi grade sebagai produk utama. Selama 6 tahun lebih berdiri, Salmon Hu selalu mengutamakan kepuasan pelanggan.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa kunjungi Instagram Salmon Hu di @salmonhucom.



Simak Video "Mantul! Ini Dia Menu Fusion Food yang Lezat dan Sehat "
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)