Telur Dadar Keriting ala Thai Untuk Sahur Praktis

Odilia WS - detikFood Senin, 11 Mei 2020 03:00 WIB
Telur Dadar Keriting ala Thai Foto: Dok. Suthon Sukphisit
FOKUS BERITA Resep Ramadhan Lezat
Jakarta -

Telur selalu bisa jadi andalan lauk sahur praktis. Coba saja bikin telur dadar keriting ala Thai yang gurih renyah ini. Cukup 10 menit saja!

Di masa pandemi corona banyak negara mengalami kekurangan pasokan makanan. Bisa karena produsen tutup atau jalur distribusi terhambat lock down. Bahan makanan kaya nutrisi dan paling mudah didapat dan diolah adalah telur.

Kalau bosan dengan lauk kering yang pedas atau lauk berkuah hangat, kamu bisa bikin telur dadar ala Thai buat sahur. Bahannya mudah didapat dan hanya perlu waktu 10 menit paling lama, untuk membuatnya.

Telur dadar atau kai jeaw merupakan makanan sederhana yang tergolong comfort food di Thailand. Bisa dibuat sendiri dan banyak penjual kaki lima yang menjajakannya di pagi hari. Termasuk makanan lengkap karena selalu disajikan dengan sepiring nasi hangat dan nam pla phrik, saus yang dibuat dari kecap ikan dengan irisan cabe rawit.



Tergoda untuk membuatnya? Berikut ini langkah mudahnya.

Telur Dadar Keriting ala ThaiTelur Dadar Keriting ala Thai Foto: iStock



1. Telur ayam atau telur bebek

Sebenarnya telur dadar ini paling enak dibuat dari telur bebek segar. Selain lebih besar dari telur ayam rasanya juga lebih gurih dan enak dibandingkan dengan telur ayam biasa.

Jika memakai telur bebek segar, siapkan 2 butir telur bebek. Atau 3 butir telur ayam negeri atau 4 butir telur ayam kampung. Bumbunya berupa 1/2 sdt air jeruk nipis atau cuka, 1 sdt saus ikan Thai atau kecap asin, 1 sdm air, 1 sdm tepung beras dan 1/2 sdt merica bubuk serta minyak goreng.

Telur Dadar Keriting ala ThaiTelur Dadar Keriting ala Thai Foto: iStock



2. Menggoreng telur

Kocok telur hingga beruih halus, tambahkan semua bumbu. Jika suka dan ada bisa ditambahkan udang rebus atau daging ayam rebus yang diiris halus dan irisan daun bawang. Prinsipnya isian bisa sesuai dengan bahan yang ada dan selera.

Panaskan minyak banyak dalam wajan atau panci hingga panas benar. Tuangkan telur kocok dengan mengangkat wadanya agak tinggi hingga telur membentuk 'renda' yang keriting di pinggirannya. Masak hingga kedua sisinya kecokelatan dan kering. Angkat.

Telur Dadar Keriting ala ThaiTelur Dadar Keriting ala Thai Foto: iStock



3. Penyajian

Siapkan nasi hangat dalam piring makan. Taruh telur dadar selagi panas di atasnya. Sajikan dengan kucuran kecap manis. Atau cocol dengan sambal kecap rawit. Menu sahur enakpun siap dinikmati.



Simak Video "Menu Sahur Simple: Masak Tomato Scramble Egg"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)
FOKUS BERITA Resep Ramadhan Lezat