Terpopuler Sepekan

Ini Fakta Seputar Telur Infertil yang Dilarang Pemerintah

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 09 Mei 2020 15:30 WIB
telur infertil Foto: istimewa
Jakarta -

Belakangan ramai isu seputar telur infertil yang banyak dijual di pasaran meski perederannya sudah dilarang oleh pemerintah. Hingga saat ini masih banyak juga yang belum tahu tentang apa itu telur infertil.

Secara singkat telur infertil merupakan telur yang dalam proses penetasannya ini akan dilakukan langkah candling atau peneropongan. Jika embrio telur terlihat maka prosesnya akan dilanjutkan namun jika telur tidak mengandung embrio maka akan dipisahkan. Telur inilah yang disebut telur infertil.

Telur infertil ini seharusnya dibuang namun banyak penjual yang masih nakal dan menjual kembali telur ini dengan harga murah. Telur infertil ini biasa dijual dalam bentuk mentah maupun matang. Untuk menyiasati, penjual akan mengolah telur ini sehingga tampak sama dengan telur segar pada umumnya. Sehingga telur infertil ini menuai kontroversi.

telur infertiltelur infertil Foto: istimewa

Pemerintah juga mengeluarkan larangan tentang telur ini. Larangan menjual telur HE diatur dalam Permentan Nomor 32/Permentan/PK.230/2017 diatur tentang Penyediaan, Peredaran dan Pengawasan Ayam Ras dan Telur Konsumsi.

Pelaku usaha mandiri dan koperasi dilarang memperjualbelikan telur tertunas dan infertil sebagai telur konsumsi. Kebanyakan konsumen yang membeli telur infertil adalah karena alasan harga yang jauh di bawah harga telur normal.

Karena berasal dari telur yang tak terpakai atau produk buangan breeding, harga telur infertil ini sangat murah. Harganya hanya berada di kisaran Rp 4.000 - Rp 7.000/kg, jauh di bawah harga telur ayam ras yang umumnya dijual di pasar di atas Rp 20.000/kg.

telur infertiltelur infertil Foto: istimewa

Selain itu, berbeda dengan telur ayam ras yang bisa bertahan selama sebulan di luar ruangan, telur infertil lebih cepat membusuk karena berasal dari telur yang dibuahi oleh ayam pejantan. Terlebih lagi telur ini sudah melewati proses di mesin tetas.

Telur infertil hanya bisa bertahan seminggu dalam suhu ruang. Lebih dari itu maka telur akan segera membusuk.

Baca Juga: Kenali Telur Infertil, Dilarang Pemerintah Tapi Banyak Dijual di Pasar



Simak Video "Ciri Telur Infertil yang Dilarang Beredar oleh Pemerintah"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/adr)