5 Tips Bikin Nasi Liwet Rice Cooker yang Enak Buat Sahur

Odilia WS - detikFood Sabtu, 09 Mei 2020 15:00 WIB
tips rice cooker Foto: iStock
FOKUS BERITA Resep Ramadhan Lezat
Jakarta -

Nasi liwet yang gurih makin enak dinikmati hangat. Lauknya bisa sambal teri, telur dadar hingga ayam goreng. Ini tips praktis membuatnya.

Beras yang diolah dengan santan dikenal sebagai nasi gurih atau nasi liwet. Nasi liwet dikenal di Jawa Tengah dan Jawa Barat. Diolah dengan kastrol (panci aluminium) dan beras dimasak dengan santan dengan api kecil hingga matang. Karenanya rasanya lebih gurih pulen dan harum.

Membuat nasi liwet atau nasi gurih tak harus pakai cara tradisional dengan cara diaron dan memakai kastrol. Kini nasi liwet juga bisa diolah dengan rice cooker atau magic com seperti memasak nasi biasa.



Beberapa hal ini perlu kamu perhatikan saat membuat nasi liwet dengan rice cooker.

nasi uduk pakai rice cookerNasi liwet pakai rice cooker Foto: iStock



1. Jenis Beras

Jenis beras yang pulen cocok untuk dibuat nasi liwet. Seperti beras Cianjur, rojolele, menthik susu dan jenis lokal lainnya.

Sebelum dimasak, cuci bersih beras hingga air bilasannya agak bening. Tiriskan beras hingga agak kering. Jenis beras ini akan menentukan takaran dari santan.

2. Santan

Untuk membuat nasi liwet bisa dipakai santan segar, santan instan yang cair atau bubuk. Jika memakai santan segar gunakan santan dengan perahan sedang. Jika terlalu encer akan terasa kuranh gurih. Jika terlalu kental santannya, nasi akan berminyak.

Jika memakai santan instan buat larutan dengan air hangat, hingga menjadi santan yang sedang kekentalannya. Agar sedikit berminyak, tambahkan 1 sdm minyak sayur untuk setiap 500 ml larutan santan instan.

nasi uduk pakai rice cookerNasi liwet pakai rice cooker Foto: iStock



3. Bumbu

Seperti membuat nasi liwet biasa, setelah beras dimasukkan ke dalam panci rice cooker dan tambahkan santan. Takaran santan sesuai dengan jumlah beras dan jenis berasnya.

Bumbu yang ditambahkan berupa ; garam, kaldu bubuk (jika suka), serai yang dimemarkan, daun jeruk purut dan daun salam. Sesuaikan jumlahnya dengan jumlah beras. Selanjutnya masak beras dengan menekan tombol Cook seperti memasak nasi biasa.

nasi uduk pakai rice cookerNasi liwet pakai rice cooker Foto: iStock




4. Waktu Memasak

Jika ingin menyajikan nasi liwet untuk sahur atau berbuka, bisa dimasak beberapa jam sebelumnya. Setelah nasi masak dan tombol pindah ke Warm, buka rice cooker dan aduk-aduk nasi liwet dari arah bawah ke atas.

Ini untuk menghindari nasi berkerak saat dibiarkan dalam kondisi Warm dalam beberapa jam. Jika memasak untuk sahur, kerjakan malam hari, setelah diaduk, biarkan dengan kondisi Warm hingga saat disajikan masih hangat.

Resep cumi asinResep cumi asin Foto: detikFood



5. Varian Lauk

Berbagai jenis lauk bisa jadi pelengkap nasi liwet yang wangi ini. Olahan daging seperti empal, rendang, daging suwir dan abon bisa jadi pilihan. Ayam goreng, ayam suwir pedas atau ayam kecap juga enak sebagai lauk.

Yang paling cocok olahan ikan asin, orak-arik peda, sambal cumi, oseng ikan asin jambal roti, dan lainnya. Lauk seafood seperti balado udang, sambal udang hingga olahan telur bisa jadi lauk praktis.

Siapkan lauk sebelum tidur, saat sahur tinggal menghangatkan saja. Jangan lupa tambahkan sayuran lalapan segar atau sayuran tumis sebagai pelengkap nutrisinya.



Simak Video "Menu Sahur Simple: Masak Tomato Scramble Egg"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)
FOKUS BERITA Resep Ramadhan Lezat