Bunga Salsabila, Bocah yang Fasih Bahasa Jawa Saat Review Makanan

Devi Setya - detikFood Jumat, 08 Mei 2020 13:30 WIB
review makanan pakai bahasa jawa Foto: instagram @bungasalasabila
Jakarta -

Usianya baru 11 tahun, tapi Bunga Salsabila sudah fasih berbahasa Jawa halus. Logat Jawa yang kental menjadi daya tarik Bunga saat merekam aksi review makanan.

Di zaman modern, banyak millenial yang ogah menggunakan bahasa Jawa, tapi tidak dengan Bunga. Gadis kecil asal Boyolali, Jawa Tengah ini justru bangga melontarkan kalimat-kalimat salam bahasa Jawa. Istimewanya lagi, bahasa Jawa yang digunakan Bunga adalah bahasa halus atau kromo inggil yang biasanya hanya digunakan jika berkomunikasi dengan orang tua atau yang dihormati.

Belakangan ini video makan Bunga banyak beredar di berbagai media sosial mulai dari Facebook, Instagram hingga Twitter. Bunga menampilkan aksi makan sambil bertutur dengan bahasa Jawa halus yang fasih. Inilah yang membuat banyak orang kagum dan memuji Bunga.

Dihubungi detikFood lewat pesan singkat (7/5) Donny, ayah Bunga mengatakan kalau anaknya memang termasuk pintar dan mudah menerima pelajaran baru, termasuk soal bahasa Jawa halus.

review makanan pakai bahasa jawareview makanan pakai bahasa jawa Foto: instagram @bungasalasabila


Baca juga : Keren! Gadis Kecil Ini Review Makanan Pakai Bahasa Jawa Halus


Sebelum eksis lewat konten video makan, ternyata Bunga lebih dulu dikenal sebagai penyanyi. Sering mengisi acara pesta pernikahan, Bunga dituntut untuk bisa bertutur dengan bahasa Jawa halus.

"Bunga kan basicnya penyanyi. Bukan hanya acara dangdut, tapi juga terkadang di acara resepsi pernikahan. Nah klo dia nggak belajar bahasa Jawa halus, dia akan aneh kan kalo ngobrol saat tampil. Dan nggak mungkin pakai bahasa ngoko asal. Makanya dia mulai saya ajari untuk bahasa jawa halus ketika tampil," beber Donny.

Soal konten makan berbahasa Jawa, awalnya Bunga dan sang ayah hanya iseng dan coba-coba saja. Tapi tak disangka ternyata Bunga justru tampil dan membuat banyak orang kagum.

"Awal mula pengen pakai bahasa Jawa sebenarnya coba-coba aja, kayaknya seru nih kalau pakai bahasa Jawa halus. Soalnya di video sblumnya dek Bunga sering pakai bahasa jawa ngoko," lanjut Donny.

review makanan pakai bahasa jawareview makanan pakai bahasa jawa Foto: instagram @bungasalasabila


Bunga sebenarnya sering mereview makanan namun tidak semuanya menggunakan bahasa jawa. Kontennya disesuaikan, karena makanan tradisional bisa mudah dibawakan dengan bahasa Jawa.

"Sebenarnya tergantung dari makanannya juga. Kalau berbau daerah dan gampang untuk direview dengan bahasa Jawa ya ayok aja. Ikonnya dek Bunga dengan bahasa Jawa biarkan netizen yang menyimpulkan saja. Yg penting dia berkarya, sambil sesekali mengenalkan bahasa daerah sekaligus belajar berbicara dengan bahasa Jawa halus," lanjut Donny.

Baca juga : Akun Ini Dikecam Netizen, Usai Unggah Video Anak Kecil Makan Gurita Raksasa

review makanan pakai bahasa jawareview makanan pakai bahasa jawa Foto: instagram @bungasalasabila


Mengetahui videonya viral dan banjir pujian, Bunga juga mengaku senang.

"Senang udah pasti, tapi karena sudah terbiasa viral sejak 2018, jadi ya nggak kaget dia (Bunga). Cuma berharap corona segera berlalu, supaya bisa di undang di tv, bisa nyanyi lagi."

Sebelumnya diberitakan Bunga dibanjiri pujian setelah membuat video makan dengan menggunakan bahasa Jawa halus. Kemampuan bertutur kata dalam tataran bahasa Jawa kromo inggil dalam usia muda ini tidak dimiliki semua orang, bahkan orang Jawa sekalipun.




Simak Video " Ingat! Jangan Asal Konsumsi Frozen Food"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)