McD Sarinah Tutup, Netizen Ukir Banyak Kenangan di Sana

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 08 Mei 2020 10:30 WIB
McD Sarinah tutup Foto: McDonald's Indonesia
Jakarta -

McD Sarinah tutup membuat banyak netizen sedih. Pasalnya restoran McD pertama di Indonesia itu adalah tempat mereka mengukir kenangan manis hingga pahit selama hidup.

Secara resmi McDonald's (McD) Indonesia mengumumkan penutupan permanen McD Sarinah pada 10 Mei 2020 pukul 22.05 WIB. Hal ini dilakukan atas permintaan manajemen gedung Sarinah melalui surat resmi yang dikirimkan pada McD Indonesia pada 30 April 2020.

McD Sarinah tutupMcD Sarinah tutup Foto: McDonald's Indonesia

Melalui rilis yang diterima detikFood (8/5), rencananya manajemen gedung Sarinah akan merenovasi dan melakukan perubahan strategi bisnis pada bangunan milik pemerintah tersebut. McD Sarinah pun mau tak mau harus tutup setelah beroperasi selama hampir 30 tahun.

"Kami menyadari restoran McDonald's di Sarinah Thamrin ini merupakan salah satu restoran kami yang penting dan sangat bersejarah, tidak hanya bagi kami namun juga bagi konsumen kami. Bukan hanya karena lokasinya yang strategis, namun juga karena banyak kenangan yang tercipta di sana," ujar Michael Hartono, Direktur Marketing Communications, Digital dan CBI McDonald's Indonesia.

Baca Juga: Disebut Lakukan Penipuan Harga, Video Pelayan McDonald's di Senayan Viral

McD Sarinah tutupMcD Sarinah tutup Foto: Facebok Indonesia Tempo Dulu

McD Sarinah tak bisa dipisahkan dari sejarah McD karena merupakan gerai pertama McD di Indonesia. Gerai ini dibuka pada 23 Februari 1991. Namun sebenarnya, McD juga sempat menutup gerainya di Sarinah tahun 2009. Hanya saja berhasil kembali lagi tahun 2011 karena proses tender.

Banyak netizen terkejut, sedih, dan menyayangkan tutupnya McD Sarinah. Hal ini terlihat dari Trending Topic 'McD Sarinah' di Twitter sejak kemarin malam (7/5). Netizen ramai-ramai menuangkan cerita kenangan mereka di McD Sarinah.

"Sangat sedih dengar berita ini. Ada banyak memori yang saya buat sejak kecil di sini. Tiap kali saya dan keluarga lewat jalan ini menuju Tanah Abang, kami akan mampir ke McD Sarinah. Berharap suatu hari mereka bisa membuka kembali gerai ini," kicau @del_infj.

McD Sarinah tutupMcD Sarinah tutup Foto: Twitter @donycore

Sementara @AmmarshaR menyebut McD Sarinah tak ubahnya warisan budaya karena merupakan salah satu bangunan restoran cepat saji tertua di Indonesia. "Saya menghabiskan banyak waktu di sana. Dari menunggu kencan hingga makan malam singkat setelah perjalanan tengah malam. Itu adalah tempat kenangan indah," tambahnya.

Ada juga netizen yang bercerita soal McD Sarinah sebagai tempat pelariannya dari rumah. @notwilona menulis, "Suatu hari saya kabur dari rumah dan tidak tahu harus tidur dimana, jadi saya tidur di sini karena tahu McD Sarinah itu 24 jam. Bro u hold a special place in my heart u dont even know," katanya.

McD Sarinah tutupMcD Sarinah tutup Foto: Twitter @justraissa16

Netizen juga tak ketinggalan menyertakan foto-foto kenangan mereka di McD Sarinah. Ada yang merayakan ulang tahun pertama di sana, ayahnya sempat bekerja di McD Sarinah selama 17 tahun, hingga netizen membagikan momen sarapan di McD Sarinah usai nikmati Car Free Day (CFD).

Hingga berita ini ditulis, perbincangan McD Sarinah masih terus bergulir. Apakah kamu juga punya kenangan manis atau pahit di sana?

Baca Juga: Videonya Viral, Ini Nasib Pelayan yang Lakukan Penipuan di McDonald's Senayan



Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)