Setelah Rendang, Juri MasterChef Juga Kritik Isian Pangsit Harus Renyah

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 07 Mei 2020 12:00 WIB
Pangsit goreng Foto: Istimewa
Jakarta -

Kritik pedas dari juri MasterChef kembali jadi sorotan. Setelah sebelumnya mengomentari rendang yang harus 'crispy' atau renyah, isian pangsit goreng juga disebut serupa.

Dua tahun lalu kompetisi MasterChef Inggris jadi perbincangan netizen Malaysia dan Indonesia. Hal ini berawal ketika sang juri, Gregg Wallace memberi penilaian pada masakan rendang milik Zaleha Kadir Olpin.

Kontestan asal Malaysia itu membuat nasi lemak berlauk rendang ayam. Wallace mengkritik, "Kulit ayamnya tidak renyah, ini tidak bisa dimakan. Bumbu yang membalur ayam juga tidak bisa saya makan."

rendang ayam masterchef Inggrisrendang ayam masterchef Inggris Foto: Istimewa

Sontak netizen Malaysia tak terima dengan kritik itu. Mereka menilai tak seharusnya kulit rendang ayam renyah. Mereka juga mengatakan kalau Wallace tak tahu benar soal rendang.

Baca Juga: Sebut Kulit Rendang Ayam Harus Renyah, Juri MasterChef Inggris Diprotes Netizen

Kini hal serupa kembali terjadi dalam kompetisi MasterChef Australia. Kontestan awalnya ditantang membuat makanan apapun yang renyah sampai gigitan terakhir. Ada yang membuat bakwan udang, fried chicken, hingga dessert renyah seperti cannoli asal Italia.

Pangsit gorengPangsit goreng Foto: Istimewa

Namun kontestan 26 tahun berdarah Asia, Brendan Pang putuskan membuat pangsit atau wonton goreng. Camilan ini adalah favorit banyak orang Asia.

Brendan cukup percaya diri dengan hasil masakannya. Pasalnya sehari-hari ia adalah pemilik restoran yang menyajikan pangsit goreng. Tapi ternyata dugaan ia meleset.

Juri MasterChef terlihat kurang puas dengan hasil masakan Brendan. Andy Allen mengatakan pangsitnya kurang renyah. Ia berkomentar sambil menekan bagian isi pangsit untuk menunjukkan pada Brendan.

Pangsit gorengPangsit goreng Foto: Istimewa

Andy Allen bilang, "Maaf, yang saya makan tidak renyah. Itu lembut. Jadi menurut saya, pangsit goreng ini tidak sesuai instruksi." Brendan pun harus kecewa karena berakhir masuk babak eliminasi.

Tak lama berselang, netizen mulai menyoroti komentar Andy Allen soal isian pangsit goreng yang harus renyah. Salah satu yang berkomentar adalah Adam Liaw, juara MasterChef Season 2.

Pangsit gorengPangsit goreng Foto: Istimewa

Ia menekankan kalau isian pangsit goreng tidak seharusnya renyah. "Daging di dalam pangsit goreng tidak perlu renyah. Ini seperti rendang renyah lagi," kicaunya di Twitter.

Ia juga bilang kalau seandainya isian pangsit goreng itu renyah, berarti pangsit goreng itu tidak dibuat dengan benar. Pendapatnya disetujui banyak netizen lain. Ada yang bilang kalau komentar juri yang sebenarnya tidak paham makanan dari budaya lain adalah bentuk penyerangan.

Pangsit gorengPangsit goreng Foto: Istimewa

Sementara sebuah komentar juga menarik perhatian. Bukan membela juri Andy Allen, tapi netizen itu menanyakan soal ketepatan kreasi Brendan. "Instruksinya harus membuat makanan yang super renyah, lalu apakah pangsit goreng pilihan yang tepat untuk tantangan ini?"

Baca Juga: Rendang Ayam Harus Renyah? Ini Pendapat Ahli Kuliner Minang Soal Rendang Ayam



Simak Video "Masak Masak: Resep Pangsit Terlanjur Viral yang Menggoyang Lidah"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)