Keren! Gadis Kecil Ini Review Makanan Pakai Bahasa Jawa Halus

Devi Setya - detikFood Kamis, 07 Mei 2020 11:00 WIB
review makanan pakai bahasa jawa Foto: instagram @bungasalasabila
Jakarta -

Konten mukbang dan review makanan memang membanjiri media sosial. Tapi gadis bernama Bunga punya cara unik untuk mukbang sekaligus melestarikan bahasa Jawa halus.

Video Bunga Salsabila banyak beredar di twitter dan instagram. Gadis kecil asal Boyolali ini sukses menarik perhatian lewat aksi review makan menggunakan bahasa Jawa halus. Dengan lemah lembut, Bunga menyampaikan informasi soal makanannya.

"Sugeng siang sedoyoge mawon. Matur sembah nuwun rumateng Gusti Allah ingkang Maha Kuoso, ingkang sampun paring kesehatan. Sak meniko bade maem setunggal pitik ingkung. Tak sih wonten pupu, swiwi, dodo, lan sedoyo e mawon. Monggo maem. (Selamat siang semua. Terima kasih pada Allah yang Maha Kuasa yang sudah memberi kesehatan. Sekarang mau makan satu ekor ayam ingkung. Masih ada paha, sayap, dada dan semuanya. Mari makan) ," ujar Bunga.

Sebelum mulai makan, Bunga juga berdoa lebih dahulu. Meski badannya kecil, Bunga ini ternyata kuat makan banyak.

review makanan pakai bahasa jawareview makanan pakai bahasa jawa Foto: instagram @bungasalasabila


Baca juga : Akun Ini Dikecam Netizen, Usai Unggah Video Anak Kecil Makan Gurita Raksasa


Video aksi mukbang Bunga makan ayam ingkung sambal goreng ini membuat Bunga banjir pujian. Video berdurasi 20 menit ini merekam aksi Bunga makan seekor ayam ingkung. Sepanjang video juga Bunga menjelaskan bumbu hingga rasa hidangan yang sedang disantapnya.

Meskipun makan satu ekor ayam, tapi Bunga melahapnya perlahan dengan gerakan lemah lembut layaknya gadis Jawa. Mengenakan kebaya brokat putih, Bunga secara bertahap makan setiap bagian ayam.

Gadis 11 tahun ini ternyata bukan hanya memiliki satu video review makanan dalam bahasa Jawa halus. Beberapa kali Bunga makan makanan tradisional sambil melestarikan bahasa Jawa yang kini mulai jarang digunakan oleh anak muda.

review makanan pakai bahasa jawareview makanan pakai bahasa jawa Foto: instagram @bungasalasabila


Terlihat, Bunga sudah punya beberapa video berbahasa Jawa halus, termasuk saat makan selat solo. Dalam video ini bahkan Bunga menarik perhatian karena gaya makannya yang sederhana namun dikemas apik dengan unsur Jawa yang kental.

Bunga dengan lancar menjelaskan komposisi selat Solo yang terdiri dari potongan daging sapi, kentang goreng, wortel, buncis dan selada. Tak hanya itu, Bunga juga menyebutkan bumbu dalam saus selat Solo ini.

Bukan asal sebut, Bunga ini termasuk gadis multitalenta. Selain tampil di depan kamera untuk makan, Bunga juga sesekali membuat konten masak bersama sang ayah, Donny. Jadi tak heran kalau bunga tahu detail soal makanan sampai ke bumbu racikannya.

review makanan pakai bahasa jawareview makanan pakai bahasa jawa Foto: instagram @bungasalasabila


Baca juga : Gemas! Gadis Cilik Bermata Indah Ini Jadi Sorotan Karena Mukbang Nugget


Video Bunga yang makan dengan bahasa Jawa halus ini sudah dilihat ratusan ribu kali dan diunggah ulang di berbagai akun komunitas di sosial media. Banyak netizen yang salut sekaligus bangga dengan aksi unik Bunga dalam melestarikan bahasa dan budaya Jawa.

"Soothing banget denger dia ngomong kromo inggil. Jadiin konten dek mukbang kromo inggil. Need another mukbang kromo inggil," tulis netizen.

"Krama ingil e apik banget bener-bener jawanipun mirip jawa solo," sahut netizen lainnya.

"Bicaranya rapi sekali, padahal umur masih belia. Cocok jadi presenter, bicaranya rapih sekali," puji netizen lainnya.



Simak Video "Bikin Laper: Mukbang Mie Pedas Korea Bareng Marsha Aruan"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)