Balas Prank Sembako 'Sampah', Pengusaha Ini Bagi Sembako Isi Uang

Devi Setya - detikFood Rabu, 06 Mei 2020 11:00 WIB
sembako isi uang Foto: instagram @timliwafa
Jakarta -

Aksi prank yang dilakukan Ferdian Paleka membuat banyak orang geram. Pengusaha asal Surabaya justru membuat prank sembako isi uang tunai.

Pengusaha asal Surabaya bernama Tom Liwafa termasuk orang yang mengecam ulah youtuber Ferdian Paleka. Ia menganggap video pembagian sembako isi sampah itu sebagai aksi bodoh.

Pemilik bisnis fashion ini membalas video prank sembako sampah dengan cara elegan. Tom membagikan sembako berupa beras dan mie instan. Tapi yang menarik, dalam kardus mie instan sudah berisi uang tunai sekitar Rp 1 juta.

sembako isi uangsembako isi uang Foto: instagram @timliwafa


Baca juga : Viral Prank 'Makanan' Sampah Ferdian Paleka , Ini 5 Aksi Prank Kontroversi Lainnya


Lewat video IGTV di instagramnya @tomliwafa ia merekam proses persiapan hingga pembagian sembako. Tom dibantu seorang rekannya untuk mengisi uang dalam kardus mie instan kemudian membagikannya pada orang-orang yang membutuhkan.

Video berdurasi 2,3 menit ini merekam Tom memberikan bantuan pada tuna wisma, petugas penyapu jalan, pemulung, penjual makanan dan tukang becak yang ia temui di jalan. Semua target Tom merasa senang menerima bantuan bahan makanan yang sangat berarti di masa pandemi ini.

sembako isi uangsembako isi uang Foto: instagram @timliwafa


Sebelum meninggalkan orang-orang ini, Tom lebih dulu meminta untuk membuka kardus mie instan. Semua orang yang diberi sembako langsung terkejut mendapati ada banyak uang pecahan Rp 100.000 di dalamnya.

Tak sedikit yang langsung mengucap syukur, tapi ada juga yang menangis terharu karena tak pernah menyangka akan mendapatkan sembako dan uang sekaligus.

"Semoga kebaikan ini menular! Mau dibilang riak silahkan, yang penting kita tulus dari dalam hati pengen sumbang. Kita butuh banyak orang baik di Indonesia, baik itu dalam berkomentar, baik berucap atau baik dalam berbagi. Dari Tom Liwafa, mantan orang miskin yang peduli," tulis Tom dalam caption videonya.

sembako isi uangsembako isi uang Foto: instagram @timliwafa


Baca juga : Ngaco! Youtuber Ini Tawarkan Rp 10 Juta Untuk Orang yang Mau Batalkan Puasa


Diunggah pada Selasa (5/5) video ini sudah dilihat lebih dari 200 ribu kali dan dibagikan ulang di beberapa akun komunitas. Ribuan komentar positif pun memenuhi instagram Tom.

"Semoga penerima sumbangan dapat terbantu oleh tangan baik mas Tom dan kawan-kawannya," tulis satu netizen.

"Kita kalo belum bisa berbagi rezeki, setidaknya nggak menyakiti/merugikan orang lain. Semoga Allah memberikan keberkahan untuk mas Tom dan yang berbagi lainnya," kata netizen lain.



Simak Video "Icip-icip Lumpia Kekinian, dari Spring Roll hingga Otak-otak Lumpia"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)