Pesan Makanan Jadi Mudah Lewat Fitur Stiker Terbaru di Instagram

Riska Fitria - detikFood Selasa, 05 Mei 2020 16:30 WIB
- Foto: Instagram
Jakarta -

Untuk membantu pelaku usaha kuliner yang terkena dampak COVID-19, Instagram meluncurkan fitur stiker pesanan makanan dan pelatihan khusus.

Pandemi COVID-19 telah mematikan sektor ekonomi masyarakat. Salah satunya para pelaku usaha kuliner mulai dari usaha rumahan hingga pebisnis kuliner berskala besar sekalipun.

Karena itulah Instagram baru saja meluncurkan fitur terbaru mereka untuk membantu pelaku usaha kuliner tersebut. Fitur tersebut berupa layanan pesanan makanan yang dikemas dalam bentuk stiker yang digunakan pada unggahan Insta story, lapor The Sun (24/04).

-- Foto: Instagram

Sticker pesanan makanan tersebut sudah berlaku di Indonesia dan diharapkan dapat memudahkan masyarakat Indonesia untuk berinteraksi dan membantu bisnis kuliner favorit mereka di Instagram. Dengan menggunakan sticker ini kamu dapat langsung memesan makanan atau minuman yang ditawarkan.

Caranya dengan mengetuk tulisan 'Pesan' pada stiker di unggahan Insta story. Nantinya, pengunjung akan diarahkan ke layanan pesan antar makanan yang telah didaftarkan oleh pemilik usaha kuliner. Dalam hal ini Instagram telah bekerja sama dengan layanan GrabFood.

Baca Juga : Jangan Asal Ngomel! Ikuti Tips Pesan Makanan Via Ojol Ini

Pemakaian sticker pesanan makanan ini hanya bisa dilakukan oleh pengguna Instagram dengan akun bisnis. Bagi kamu yang akun Instagramnya belum tersetting sebagai akun bisnis, kamu bisa mengikuti langkah ini:

-- Foto: Instagram

1. Buka profil Instagram.
2. Klik opsi edit profil.
3. Pada tulisan 'Informasi Bisnis Publik' (Public Business Information), klik opsi 'Tombol Tindakan' (Action Buttons).
4. Pada tulisan 'Select a BUtton', klik opsi 'Order Food'
5. Tambahkan tautan laman jualan kamu di aplikasi pengiriman makanan.
6. Selesai.

Selain dapat memesan dengan mengetuk stiker pada Insta story, kamu juga bisa langsung mengunjungi profil Instagram usaha kuliner dengan meng-klik opsi 'Order Food'.

pesan makananpesan makanan Foto: Istock

Tak hanya sticker pesanan makanan saja, Instagram juga merilis fitur Akademisi Instagram berupa pelatihan khusus untuk menyesuaikan strategi pemasaran di tengah pandemi COVID-19 secara gratis.

Pada pelatihan ini Instagram bekerja sama dengan Kreavi. Nantinya pelatihan ini akan dilakukan secara virtual bersama dengan pakar-pakar yang kompeten di bidangnya.

Baca Juga : Ini Cara Pesan Makanan Sesuai Jadwal Kamu Saat WFH



Simak Video "Es Timun Suri Cincau, Segar dan Manis untuk Buka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)