Cukup 5 Menit Memasak Telur Setengah Matang yang Lezat

Odilia WS - detikFood Senin, 04 Mei 2020 03:00 WIB
Cara membuat telur setengah matang Foto: iStock
Jakarta -

Mau sahur dengan telur setengah matang yang sempurna? Cobalah ikuti tips mudah dan saran penyajian dari masterchef dari London ini.

Merebus telur setengah terlihat sangat gampang. Hanya memasukkan telur mentah ke dalam air mendidih dan cukup didiamkan beberapa saat saja. Tetapi nyatanya tak semua orang berhasil mendapatkan telur rebus dengan lelehan kuning telur yang creamy.

John Torode, bintang masterchef Inggris membahas detil telur setengah matang yang sempura dalam acara TV 'This Morning' di London (30/4). Menurutnya telur setengah matang yang sempurna sangat berkaitan dengan waktu tepat merebusnya.



Berikut ini langkah-langkah dan tips merebus telur setengah matang menurut chef John Torode:

1. Langkah pertama, didihkan air dalam panci kecil. Jangan menaruh telur dalam air dingin atau hangat baru kemudian merebus hingga mendidih.
Suhu air menjadi kunci penting merebus telur setengah matang.

2. Masukkan telur bersuhu ruangan. Jangan memasukkan telur dari kulkas langsung ke dalam air mendidih karena akan berpengaruh pada durasi merebusnya.

Boiling breakfast eggs in a steaming pot of water.Merebus telur. Foto: iStock



3. Untuk telur ukuran kecil, rebus selama 5 menit. Telur ukuran besar 5.5 menit. Usahakan merebus telur berukuran sama jika merebus lebih dari 1 butir telur. Gunakan timer di HP atau timer dapur untuk mengukur waktu rebusnya.

4. Setelah 5 menit angkat segera telur, rendam dalam air dingin beberapa saat untuk menghentikan proses pematangan telur. Asal bagian kulir sudah hangat, angkat segera, tiriskan atau lap telur.

5. Taruh di dalam wadah telur, gunting sedikit ujungnya. Bagian putih telur sudah mengeras sementara bagian dalamnya encer.

Cara membuat telur setengah matangCara membuat telur setengah matang. Foto: iStock



6. Agar makan nikmat, tambahan sedikit mentega dan lada bubuk. Telur setengah matang siap dinikmati.

7. Khusus untuk memilih telur segar, chef John memberikan cara gampang. Rendam telur dalam gelas berisi air. Jika telur ada di bawah berarti telur masih segar. Tetapi jika mengapung di tengah telur berusia 2-3 minggu dan jika mengapung telur sudah kurang bagus kualitasnya.



Simak Video "Menu Sahur Simple: Masak Tomato Scramble Egg"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)