Silkie Chicken, Ayam Berwarna Hitam Legam yang Unik dari China

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 04 Mei 2020 05:00 WIB
Silkie Chicken Foto: Istimewa
Jakarta -

Ayam berdaging hitam legam ini bukan diberi pewarna, melainkan jenis ayam bernama silkie chicken dari China. Seperti apa ya rasanya?

Menyebut ayam hitam, banyak orang Indonesia pasti terbayang ayam cemani. Seluruh bagian ayam ini memang warnanya hitam kelam, mulai dari mata, kaki, tulang sampai jeroannya.

Ayam cemani aslinya berasal dari Kedu, Jawa Tengah. Kabarnya konsumsi ayam cemani bisa meningkatkan vitalitas pria. Di pasaran pun ayam cemani begitu istimewa. Dijual sangat mahal dan dijuluki Lamborghini of chickens.

ayam hitam 'lamborghini' dari Indonesiaayam hitam 'lamborghini' dari Indonesia Foto: Delish

Ilmuwan menemukan warna hitam ayam cemani berasal dari fibromelanosis, sebuah gen yang menghasilkan hiperpigmentasi. Kepopuleran ayam cemani tidak hanya di Indonesia, bahkan sampai ke mancanegara.

Baca Juga: Ayam Cemani Asal Indonesia Dijuluki 'Lamborghini' di Dunia Unggas

Selain ayam cemani, ayam hitam legam juga ada di China. Namanya Silkie Chicken dengan bulu yang sangat lembut, sampai ke kepala. Konon Silkie Chicken punya sejarah panjang. Sudah ada sejak zaman Dinasti Han tepatnya 206 SM, tulis The Happy Chicken Coop (1/5).

Silkie ChickenSilkie Chicken Foto: Istimewa

Nama Silkie Chicken dalam bahasa China adalah "wu gu ji" yang berarti "tulang hitam". Ayam ini memiliki perjalanan panjang melalui jalur sutra hingga akhirnya dikenal di Irak sampai Eropa. Jenis Silkie Chicken sebenarnya beragam, namun yang paling terkenal adalah yang berwarna hitam.

Di negara Barat, Silkie Chicken bukan identik sebagai hewan ternak melainkan hewan peliharaan. Karakternya yang tenang dan ramah membuat ayam ini cocok dipelihara. Bahkan jika sudah sangat dekat dengan pemiliknya, Silkie Chicken layaknya anjing peliharaan. Meski begitu, daging ayam ini tetap bisa dikonsumsi.

Silkie ChickenSilkie Chicken Foto: Istimewa

Dikutip dari Sora News 24 (1/5), daging Silkie Chicken bahkan jadi komoditas di Jepang. Dipasarkan dengan nama Jepang "ukkokie". Tampilannya benar-benar unik dengan warna tubuh seluruhnya hitam legam.

Harga Silkie Chicken 1.500 yen atau sekitar Rp 214.000. Sebelum diolah, ayam ini dipotong-potong. Terlihat kalau warna hitam itu juga termasuk ke jeroan, tulang, dan ceker Silkie Chicken. Seorang reporter Sora News 24 putuskan memasak ayam ini di rice cooker.

Silkie ChickenSilkie Chicken Foto: Istimewa

Ia memasukkan Silkie Chicken, beras, air, dan dua sendok makan sake. Sekitar 45 menit, olahan nasi dan ayam ini matang. Tampak warna hitam Silkie Chicken agak memudar.

Uniknya warna hitam Silkie Chicken tidak terlalu mempengaruhi warna nasi. Hanya sedikit warna abu-abu yang tampak pada nasi.

Silkie ChickenSilkie Chicken Foto: Istimewa

Lalu seperti apa rasanya? Ternyata daging Silkie Chicken terasa enak, namun agak hambar. Setelah ditambahkan garam, barulah nasi dan daging ayam hitam ini lebih enak.

Baca Juga: 10 Makanan Hitam Eksotik yang Lezat Juga Kaya Nutrisi



Simak Video "Melihat Cara Membuat Mie Ayam Pelangi Kekinian di Tangerang"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)