Ketahuan Curi Foto Makanan, Netizen hingga Artis Ini Dipermalukan di Medsos

Devi Setya - detikFood Kamis, 30 Apr 2020 17:30 WIB
curi foto makanan Foto: istimewa
Jakarta -

Kasus pencurian foto kerap terjadi di dunia maya. Seorang korban yang fotonya dicuri kemudian mengangkat kasusnya ke media sosial.

Pengguna twitter bernama @inabritpop baru saja mengunggah kisah pencurian foto yang dialaminya. Wanita yang hobi masak ini keberatan pada pelaku yang dengan santai mengambil foto hasil masakan Ina. Foto makanan ini kemudian diakui sebagai masakan sang pelaku.

Ina tentu saja kesal, ia pun membuat utas di twitternya perihal kasus pencurian foto makanan ini. Ina memang tak mengalami kerugian materi tetapi ini sama saja melanggar hak cipta karya orang.

"Ada yang ngaku-ngaku masakan aku gaes wkwkwkw," tulia Ina sambil memajang foto makanan di akun sang pencuri.

curi foto makanancuri foto makanan Foto: istimewa


Baca juga : Foto Makanan di Media Sosial Pengaruhi Pola Makan? Begini Faktanya


Lebih lanjut, Ina juga membeberkan kalau foto ini bukan satu-satunya yang dicuri. Orang yang sama ternyata memang punya kebiasaan 'mencomot' foto makanan milik Ina dan kemudian mengakui sebagai hasil karyanya.

Beberapa foto makanan yang dicuri antara lain foto nasi kebuli, fritata, bakwan jagung dan mie instan. Sebenarnya beberapa makanan ini mudah dibuat tapi karena tampilan foto Ina bagus, jadi si pencuri tergoda mengambilnya.

"Gue bikin bakwan aja dicopas lah. BAKWAN COY BAKWAN," beber Ina.

curi foto makanancuri foto makanan Foto: istimewa


Yang menariknya, ternyata Ina dan si pencuri foto ini saling kenal. Mereka ada dalam satu grup komunitas yang sama.

Mengetahui kalau Ina sudah memergoki aksi pencurian foto, akhirnya si pencuri mengakui kesalahannya dan meminta maaf.

"Bun, maaf ya aku curi gambarnya. Maaf banget, nggak bermaksud apa-apa. Makasih udah baik banget ngehide username ig-nya. Aku emang nggak bisa masak dan emang terinspirasi banget," beber si pencuri foto.

curi foto makanancuri foto makanan Foto: istimewa


Berdasarkan pengakuannya, si pencuri foto ini sudah berusaha membuat masakan serupa namun hasilnya tidak terlalu bagus. Ia juga mengaku salah karena tak berpikir panjang karena asal ambil foto.

Kasus pencurian foto makanan sebenarnya bukan kali ini saja terjadi. Sebelumnya juga pernah ada kasus curi foto makanan yang sempat heboh.

Tahun 2018 lalu, pemilik akun twitter bernama Nie mengaku mengalami pencurian foto. Foto makanan yang dicuri merupakan jepretan beberapa makanan fast food McDonald's.

Foto senampan ayam goreng, kentang, burger dan soda ini kemudian dicomot pengguna twitter bernama Handayani. Ia mengaku makan di salah satu gerai fast food di mal.

Mengetahui fotonya dicuri, Nie langsung komentar di unggahan foto ini. "Yakin loe makan MCD hari ini? Loe maling foto gue tau!!!" labrak Nie.

Baca juga : Ini 9 Trik dari Fotografer Makanan Profesional untuk Hasilkan Foto Makanan Keren (1)

curi foto makanancuri foto makanan Foto: istimewa


Tak hanya itu saja, orang terkenal pun pernah berurusan dengan kasus pencurian foto makanan. Salah satunya melibatkan penyanyi Isyana Sarasvati yang kedapatan mencomot foto sereal dari website berita luar negeri.

Saat itu Isyana mengunggah foto semangkul sereal yang dia akui sebagai menu sarapannya. "My kind of breakfast : sarapan tadi pagi sehat dan praktis, cereal!" tulis Isyana. Atas kejadian ini, Isyana menjadi perbincangan netizen.

Kejadian tahun 2016 ini akhirnya membuat Isyana mengaku salah dan meminta maaf karena sudah mengunggah foto tanpa mencantumkan sumbernya.



Simak Video "Gatot, Jajanan Tradisional khas Blitar yang Ludes dalam 2 Jam"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)