Keren! Polisi Nonmuslim Tugas Saat Magrib agar Polisi Muslim Bisa Buka Puasa

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 28 Apr 2020 13:00 WIB
Polisi Nonmuslim Tugas Saat Magrib agar Polisi Muslim Bisa Buka Puasa Foto: Istimewa
Jakarta -

Wujud toleransi selama Ramadhan terlihat di antara polisi Malaysia. Mereka yang nonmuslim sengaja bertugas di waktu magrib agar para polisi muslim bisa buka puasa dengan tenang.

Selama masa Movement Control Order (MCO) di Malaysia, para polisi lalu lintas bekerja keras untuk memastikan warga Malaysia tetap aman. Tak terkecuali ketika Ramadhan tiba, mereka yang beragama Islam pun tetap bekerja seperti biasa.

Hanya saja, kepolisian Malaysia memiliki kebijakan untuk mengubah jam kerja polisi lalu lintas muslim. Dikutip dari World of Buzz (28/4), mereka memastikan polisi Muslim bisa berbuka puasa dengan nyaman dengan sistem perubahan jam kerja. Para polisi nonmuslim ditempatkan di waktu magrib.

Polisi Nonmuslim Tugas Saat Magrib agar Polisi Muslim Bisa Buka PuasaPolisi Nonmuslim Tugas Saat Magrib agar Polisi Muslim Bisa Buka Puasa Foto: Istimewa

Sistem rotasi tugas ini juga memastikan para polisi muslim bisa salat magrib selesai buka puasa. Kebijakan ini sudah diimplementasikan di distrik barat daya di Penang.

"Dengan sistem ini, lebih banyak polisi Muslim dapat berbuka puasa dengan nyaman, alih-alih hanya minum sedikit air dan melanjutkan tugas mereka," kata OCPD Balik Pulau, Supt A. Anbalagan.

Ia menambahkan, "Kami memiliki 39 petugas polisi nonmuslim di distrik barat daya dan mereka akan ditempatkan di semua delapan penghalang jalan dari jam 19:00 hingga 20:00."

Polisi Nonmuslim Tugas Saat Magrib agar Polisi Muslim Bisa Buka PuasaPolisi Nonmuslim Tugas Saat Magrib agar Polisi Muslim Bisa Buka Puasa Foto: Istimewa

Baca Juga: Lewat Makanan, Orang-orang Ini Tunjukkan Toleransi Beragama yang Indah

Supt A. Anbalagan menjelaskan pada para wartawan pada hari Jumat (24/4) kalau ia percaya sistem itu juga akan memperkuat moral para petugas dan menciptakan masyarakat yang harmonis, peduli dan pengertian.

"Kami berterima kasih kepada rekan-rekan polisi kami sebagai garis depan dalam perang melawan pandemi Covid-19," katanya.

Sementara itu, direktur jenderal kesehatan baru-baru ini mengatakan Malaysia telah berhasil meratakan kurva puncak wabah COVID-19. Hal ini dapat terjadi karena peran semua lapisan masyarakat, termasuk garda terdepan seperti petugas kesehatan dan polisi lalu lintas yang memastikan semua tetap tertib.

Polisi Nonmuslim Tugas Saat Magrib agar Polisi Muslim Bisa Buka PuasaNonmuslim Berbagi Makanan untuk Muslim Bisa Buka Puasa Foto: Istimewa

Wujud toleransi lain ketika Ramadhan juga terjadi di Malaysia tahun lalu. Saat itu dalam sebuah kapal ferry, wanita China nonmuslim membagikan cokelat pada seluruh muslim yang ada di ferry.

Ia mengatakan para muslim harus makan karena telah berpuasa. Tak hanya wanita China, inisiatif mulia juga dilakukan seorang pria keturunan China.

Pria tersebut memberikan KFC. Kemudian seorang penumpang Muslim yang mendapatkan makanan itu menceritakan, "Ia bilang saya harus makan karena sudah berpuasa. Kalau saya tidak mau makanannya, saya bisa memberikan pada orang lain katanya. Saya merasa ingin menangis."

Baca Juga: Indahnya Berbagi! Nonmuslim Ini Beri Makanannya untuk Muslim Buka Puasa



Simak Video "Menu Sahur Simple: Masak Tomato Scramble Egg"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)