Wanita Ini Diprotes Gara-gara Cuci Ayam Pakai Air dan Lemon

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 26 Apr 2020 08:00 WIB
cuci ayam goreng Foto: istimewa
Jakarta -

Seorang wanita diprotes saat membuat tutorial masak fried chicken. Hal ini lantaran ia mencuci ayam menggunakan air mentah dan perasan lemon.

TikTok tak sekadar menjadi aplikasi berbasis video yang digunakan untuk memamerkan keahlian menari. Sekarang aplikasi tersebut banyak digunakan untuk membagikan resep praktis serta tips dan trik dalam memasak.

Dilansir dari The Sun (23/4), seorang wanita di Inggris dengan akun @itsameester pun ikut membagikan resep fried chicken ala KFC di akun TikTok miliknya. Wanita tersebut menjelaskan satu per satu langkah memasak.

cuci ayam gorengcuci ayam goreng Foto: istimewa


Namun tutorial yang ia bagikan ini malah banyak diprotes oleh netizen TikTok lainnya. Hal ini karena pada awal video ia mencuci ayam menggunakan air mentah yang dicampurkan perasan lemon dan cuka.

Baca Juga: Ayam Tidak Boleh Dicuci Sebelum Dimasak, Ini Alasannya


Wanita tersebut mengatakan kalau langkah mencuci ayam dengan air serta perasan lemon dan cuka sangat penting untuk dilakukan. Namun yang menurutnya adalah hal penting malah membuatnya dikecam oleh netizen.

Banyak netizen mengatakan kalau ayam tersebut tak seharusnya dicuci dengan air mentah. Karena akan menimbulkan banyak bakteri yang menempel pada daging ayam.

cuci ayam gorengcuci ayam goreng Foto: istimewa


Beberapa komentar netizen tersebut mengatakan kalau mencuci ayam dengan air mentah sangat tidak baik untuk kesehatan. Salah satunya berkomentar, "Kamu tidak perlu mencuci ayam, coba cari di Google yang akan memberitahumu."

Ada juga yang mengatakan, "Pada setiap bagian ayam yang Anda beli di Inggris, terdapat label peringatan untuk tidak mencuci daging unggas." Ada juga yang meninggalkan komentar kalau mencuci ayam mentah sebelum dimasak dapat meningkatkan resiko keracunan makanan.

cuci ayam gorengcuci ayam goreng Foto: istimewa


Hal tersebut pun disampaikan oleh National Health Service (NHS) di Inggris. Mereka mengatakan, "Memercikan air saat mencuci ayam dapat menyebarkan bakteri ke tangan, pakaian, dan peralatan memasak. Tetesan air tersebut dapat berjalan lebih dari 50cm ke segala arah. Hanya beberapa sel campylobacter untuk menyebabkan keracunan makanan."

Baca Juga: Sebelum Dimasak, Daging Ayam Perlu Dicuci atau Tidak?




Simak Video "Ayam Goreng Serundeng Beraroma Nan Gurih"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)