Susuri Sungai, Para Wanita di Venesia Kirimkan Makanan untuk Warga

Devi Setya - detikFood Sabtu, 25 Apr 2020 09:00 WIB
antarkan makanan di venesia Foto: instagram
Jakarta -

Kanal Venesia menjadi sepi setelah ditinggalkan para turis karena virus Corona. Kini aliran sungai kebanggaan Italia itu jadi jalur untuk membagikan makanan untuk warga.

Dilansir dari Insider (25/4) kanal besar Venesia mendadak sepi pengunjung, puluhan gondola gondola atau perahu sampan yang biasa hilir mudik pun tak terlihat lagi. Sejak merebaknya virus Corona, turis lokal maupun mancanegara tak lagi datang berkunjung ke kawasan ini. Ikon wisata susur sungai pun sepi seolah mati.

Tapi ada pemandangan menarik beberapa waktu belakangan ini. Para wanita di Venesia sengaja menggunakan gondola untuk menyusuri kanal ini. Tujuannya tentu saja bukan berwisata melainkan untuk mendistribusikan bantuan makanan.

antarkan makanan di venesiaantarkan makanan di venesia Foto: instagram


Baca juga : Turis Ini Didenda Rp 14,8 Juta karena Bikin Kopi di Pinggir Sungai Venesia


Organisasi sosial bernama Row Venice yang beranggotakan para pedayung wanita menggagas ide untuk membantu membagikan makanan untuk warga di sekitar bantaran kanal Venesia. Para pendayung yang sehari-hari bekerja sebagai instruktur dayung bagi wisatawan ini terpaksa menutup bisnisnya sementara waktu.

Sebagai gantinya, para wanita ini menawarkan layanan pengiriman bahan makanan dan kebutuhan pokok untuk warga yang membutuhkan. Row Venice bekerja sama dengan petani lokal untuk mengirimkan bahan makanan ke seluruh kota dengan menggunakan gondola.

antarkan makanan di venesiaantarkan makanan di venesia Foto: instagram


Untuk menjaga keamanan dan kesehatan, para pedayung wanita ini melengkapi diri dengan masker dan sarung tangan. Mereka mendayung gondola untuk mengantarkan bahan makanan yang sudah dipesan warga.

Layanan ini tentu saja dianggap sangat membantu karena warga sudah terkunci di rumah masing-masing sejak pemberlakuan Lockdown di Italia. Warga hanya boleh keluar rumah jika tujuannya adalah toko kelontong atau apotek.

"Kami menawarkan solusi transportasi ekologis, membantu dalam masa sulit ini," kata anggota organisasi nirlaba ini dalam rekaman video.

Bahan makanan yang dikirim antara lain sayuran, buah, roti dan berbagai barang kebutuhan harian. Proses pengiriman barang ini terasa lancar dan mudah karena kanal kosong sehingga gerak gondola lebih leluasa.

antarkan makanan di venesiaantarkan makanan di venesia Foto: instagram


Baca juga : Jasa Antar Makanan Jadi Solusi Praktis Saat Pandemi Corona


Setiap tahunnya jutaan wisatawan memadati kawasan kanal Venesia untuk merasakan sensasi menyusuri sungai. Kini setelah adanya aturan lockdown, kanal Venesia terlihat lebih bersih dan bening karena sedimen air mengendap.

"Kami berharap layanan ini tidak akan dilupakan setelah keadaan darurat berlalu dan sekaligus menyadarkan masyarakat bahwa gondola dayung ramah lingkungan, meskipun lebih lambat," kata salah satu wanita pendayung.



Simak Video "Bikin Laper: Ragam Bakmi Pedas Berpenampilan Memesona"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)