25 Tahun Berprofesi Banker, Pria Ini Alih Profesi Jadi Baker Profesional

Devi Setya - detikFood Kamis, 23 Apr 2020 18:08 WIB
banker jadi baker Foto: instagram
Jakarta -

Bakat seseorang memang tak bisa dibohongi, puluhan tahun bekerja sebagai pegawai bank, pria ini malah beralih jadi pembuat kue. Hasil kuenya mengagumkan.

Pria bernama Zulkiflee Mawan mulai dikenal sebagai baker profesional sejak 5 tahun belakangan. Sebelumnya, ia adalah pegawai bank dengan karir dan jabatan bergengsi. Demi mengejar bakatnya, Zulkiflee meninggalkan posisinya sebagai banker demi menjadi baker.

Kisah unik perjalanan karir Zulkiflee pertama dibagikan oleh anaknya yang bangga pada keputusan sang ayah. Lewat twitter @aimanzulk, kisah karir sang ayah langsung menjadi perbincangan publik.

banker jadi bakerbanker jadi baker Foto: instagram


Baca juga : Mantan Juara Tinju Ini Alih Profesi Jadi Pembuat Kue Pengantin Megah


Aiman membuat utas soal perjalanan karir ayahnya yang terbilang unik. Di saat banyak orang menginginkan posisi bergengsi sebagai banker dengan penghasilan fantastis, ayah Aiman malah memilih mundur dan jadi pembuat kue.

"Ayahku berhenti dari pekerjaannya saat usia 50, setelah 25 tahun bekerja sebagai bankir untuk mengejar impian. Dari bankir menjadi baker. Saya akan memperlihatkan hasil kerjanya," tulis Aiman lewat cuitan twitternya.

Zulkiflee kini memang sudah dikenal sebagai pembuat kue kenamaan di Malaysia. Pria 56 tahun ini pernah menghabiskan lebih dari 20 tahun bekerja sebagai manajer di Departemen Manajemen Resiko Bank Negara Malaysia. Tak banyak yang tahu soal latar belakang Zulkiflee sebelum sang anak berceloteh di media sosial.

Dilansir dari Malaymail (23/4) Zulkiflee mengaku sama sekali tidak pernah membayangkan kalau menjadi baker adalah kemampuannya, ia bahkan mengaku tidak ahli dalam urusan masak. Awal ia terjun ke dunia kue saat ayah 5 anak ini merasa bosan dengan pekerjaannya di kantor.

banker jadi bakerbanker jadi baker Foto: instagram


"Sebelum saya berhenti, saya mengambil istirahat empat tahun untuk menemani istri saya yang sedang belajar di Inggris dan ketika saya kembali, saya merasa tidak punya dorongan atau motivasi untuk terus bekerja," kata lulusan akuntansi Universitas Kebangsaan Malaysia.

Setelah berpikir panjang dan keras, dan berdiskusi dengan istrinya, ia akhirnya mengambil risiko. Meskipun tanpa pengalaman memanggang, ia tertarik pada kue setelah melihat banyak bisnis kue berkembang.

Dari sini ia mulai mengikuti kursus. "Saya ingin belajar dan meningkatkan keterampilan saya di bidang baru sehingga saya mulai membagikan kue kepada teman dan keluarga ketika saya mulai bisa membuat kue. Syukurlah banyak yang mengatakan kue saya bagus dan enak sehingga saya mengumpulkan keberanian untuk menerima pesanan dan mulai menjualnya," katanya.

Tak mau main-main dengan hobi barunya, Zulkiflee bahkan terbang ke Tokyo agar bisa mempelajari cara membuat hiasan bunga dari seniman kue terkenal Naomi Yamamoto. "Saya harus datang dengan strategi dan produk yang berbeda, saat itulah saya mulai membuat kue pernikahan dan ulang tahun," katanya.

Zulkiflee kemudian membuka sebuah kafe bernama Banker2Baker, nama ini sesuai dengan perjalanan karirnya. Kini seiring banyaknya pesanan kue, Zulkiflee memiliki empat karyawan yang membantu.

Meski sebagai pembuat kue, Zulkiflee tak bisa dipandang sebelah mata. Pelanggannya justru datang dari kalangan menengah atas. Beberapa selebriti, pejabat hingga pengusaha sudah menjadi langganannya. Ia bahkan pernah membuat kue ulang tahun untuk mantan Perdana Menteri Dr. Mahathir Mohamad.

Di tengah wabah virus Corona, Zulkiflee mengakui bahwa bisnis kue pengantinnya ikut terdampak. Tapi kini ia mengaku masih sibuk melayani pesanan kue ulang tahun dan beberapa cookies persiapan Hari Raya Idul Fitri.

banker jadi bakerbanker jadi baker Foto: instagram


Baca juga : Megah! Kue Pengantin Berbentuk Gereja Ini Panjangnya 2,4 Meter


"Jadi sekarang karena ada waktu ekstra, saya telah menerima pesanan kue ulang tahun untuk mereka yang merayakan di rumah bersama keluarga mereka," kata Zulkiflee.

Siapa sangka, mantan baker ini sekarang terkenal sebagai pembuat kue ternama. Sampai saat ini setidaknya toko kue Zulkiflee sudah menjual lebih dari 2.000 kue. Keren!



Simak Video "Cantiknya Puluhan Kue Pengantin dengan Dekorasi Menarik"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com