Inovatif! Sembako Murah di Jatim Bisa Dibeli Online dan Gratis Ongkir

Devi Setya - detikFood Kamis, 23 Apr 2020 15:30 WIB
lumbung pangan jatim Foto: istimewa
Jakarta -

Pemprov Jatim punya cara inovatif untuk menyediakan sembako murah bagi warga. Lewat Lumbung Pangan Jatim, sembako bisa dibeli secara online dan diantar ke rumah masing-masing.

Menyoal bantuan sosial untuk warga terdampak COVID-19, Pemerintah Provinsi Jawa Timur punya cara berbeda. Bukan memberi bantuan berupa sembako, pemprov Jatim justru memberi bantuan uang tunai untuk warga yang masuk dalam kategori miskin.

Uang ini nantinya bisa dibelikan berbagai kebutuhan harian, termasuk sembako. Khusus untuk sembako sendiri, Pemprov Jatim juga punya langkah khusus yakni menyediakan sembako murah yang bisa dibeli warga lewat Lumbung Pangan Jatim.

lumbung pangan jatimlumbung pangan jatim Foto: istimewa


Baca juga : Penampilan Paket Sembako 15 Ribu yang Bikin Netizen Murka


Aneka sembako ini dijual secara online karena menyesuaikan kondisi saat ini yang melarang adanya perkumpulan dan keramaian. Lewat situs www.lumbungpanganjatim.com warga bisa memenuhi kebutuhan pokok dengan harga sembako yang lebih terjangkau dan sistem pembelian yang lebih praktis.

Situs bisa diakses setiap hari untuk pemesanan produk mulai pukul 10.00-12.30 WIB. Pesanan barang akan diproses dan dikirim selambat-lambatnya 2 hari setelah konfirmasi pembayaran.

Berbagai bahan kebutuhan pokok tersedia di 'pasar online' ini mulai dari beras, gula pasir, minyak hingga sirup. Gudang dari Lumbung Pangan Jatim sendiri berlokasi di Gedung JX Internasional, jalan A. Yani, Surabaya. Tak hanya memudahkan proses belanja, semua produk yang dibeli juga akan dikirim ke alamat tujuan.

Biaya pengiriman untuk jarak 20 km tidak dikenakan biaya alias gratis. "Gratis Ongkir yang dilayani hanya untuk jarak pengantaran 20 km, dan berat maksimal 20kg atau berdimensi 70x50x50cm," tulis Pemprov Jatim.

lumbung pangan jatimlumbung pangan jatim Foto: istimewa


Proses pembelian sembako via online ini juga terbilang sederhana. Warga bisa langsung mengakses website www.lumbungpanganjatim.com kemudian bisa langsung memilih produk sembako yang diperlukan. Beberapa produk juga tersedia dalam berbagai ukuran jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Jika semua kebutuhan sudah dipilih, Anda bisa langsung checkout untuk melihat detail pembelian sekaligus melihat total belanja. Meskipun murah, warga tidak diperkenankan membeli barang dalam jumlah banyak sekaligus. Setiap produk, maksimal hanya bisa dibeli 2 kemasan saja.

Warga juga diharuskan mengisi identitas pribadi seperti nama, alamat, nomor telepon dan alamat email. Selanjutnya akan muncul nomor rekening pembayaran, produk akan diproses setelah proses pembayaran selesai. Pemesanan dan pembayaran harus diselesaikan sebelum pukul 13.00 setiap harinya.

Kegiatan ini rencananya akan berjalan selama 3 bulan namun selalu dilakukan evaluasi setiap minggunya. Kini lokasinya ada si Surabaya, bukan tidak mungkin Lumbung Pangan Jatim ini akan berpindah lokasi demi memenuhi kebutuhan masyarakat akan sembako murah.

lumbung pangan jatimlumbung pangan jatim Foto: istimewa


Baca juga : Netizen Ramai Bandingkan Isi Paket Sembako DKI Jakarta dan Jabar


Soal harga sembako di Lumbung Pangan Jatim, pemprov memang berusaha memberikan harga termurah untuk warga. Untuk beras dijual dalam kemasan 5 kilogram dengan harga Rp 53.500 hingga 57.700.

Telur ayam harga Rp 21.500 per kilogram dengan kemasan yang aman, lalu untuk minyak goreng harganya Rp 11.500 per liter, dan bawang putih dijual dengan harga Rp 21.000 per kilogram.

Ada juga daging ayam beku harga Rp 26.000 per kilogram, serta gula pasir yang dijual dengan harga jauh lebih murah dibandingkan harga pasar yaitu dengan harga Rp 12.500 per kilogramnya.



Simak Video "Kothokan, Menu Asal Jawa Timur yang Cocok untuk Berbuka"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)