Cerita Happy Salma Belajar Arti Kesabaran dari Memasak Bebek Betutu

Yudistira Imandiar - detikFood Selasa, 21 Apr 2020 18:45 WIB
Happy Salma-Mola TV Foto: dok Mola TV
Jakarta -

Bebek betutu sebagai salah satu masakan populer khas Bali memiliki cita rasa gurih dari bebek bercampur aroma harum bumbu rempah. Ternyata, untuk membuat sajian lezat tersebut butuh waktu yang panjang.

Happy Salma bersama adik iparnya, Maya mencoba pengalaman memasak bebek betutu di Dapur Bali Gung Niang. Niang-panggilan nenek di Bali-menunjukkan seluruh proses memasak bebek betutu yang memakan waktu hingga 14 jam.

"Sepertinya hari ini kami akan mendapatkan banyak pelajaran dari Niang tentang arti kesabaran, salah satunya dengan memasak bebek betutu," kata Happy.

Tahapan awal dalam proses memasak bebek betutu, yakni menyiapkan bumbu terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai, kencur, kunyit, jahe, lengkuas, ketumbar, kemiri, dan daun salam. Cara membumbuinya tidak sekadar dilumuri di permukaan daging bebek, tapi dipijat dengan keras hingga tulang-tulangnya hancur.

Setelah itu, bebek yang telah dibumbui dibungkus dengan pelepah daun pinang. Bebek lantas dimasak dengan disekap dalam kuali tanah liat yang ditimbun dengan api kecil dari arang batok dan sekam padi.

Happy dan Maya dengan sabar menunggu bebek benar-benar masak. Hidangan yang dimasak dari siang hari baru selesai dimasak pada pagi keesokan harinya.

"Ini masakan rumah yang benar-benar istimewa, nggak mungkin sering-sering dimasak," ujar Happy.

Pengalaman Happy dan Maya memasak bebek betutu 14 jam dapat disaksikan dalam program "Masakan Rumah" di Mola TV. Dalam program tersebut, Happy mendapatkan pengalaman memasak hidangan rumahan lezat.

Tayangan Masakan Rumah dan acara lain di Mola TV bisa disaksikan dalam paket langganan Corona Care Mola TV yang dapat diakses dengan cara berdonasi mulai dari Rp 0 hingga Rp 5 juta. Melalui program Corona Care, Mola TV mengajak masyarakat untuk turut peduli membantu pemerintah melawan wabah virus COVID-19 di Indonesia.

Nantinya setiap sumbangan tersebut akan digandakan Mola TV dan disalurkan kepada BNPB dan PMI untuk membantu perjuangan melawan wabah virus Corona.



Simak Video "Nikmati Sajian Warung Khas Bali yang Sedap"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)
d'Mentor
×
Trik Dapur Ngebul Hendy Setiono
Trik 'Dapur' Ngebul Hendy Setiono Selengkapnya