Resep Bubur Ketan Hitam untuk Menu Buka Puasa

Niken Widya Yunita - detikFood Rabu, 22 Apr 2020 08:30 WIB
Coconut Milk Foto: iStock/Resep Bubur Ketan Hitam untuk Menu Buka Puasa
Jakarta -

Lebih baik persiapkan menu buka puasa dari sekarang. Untuk kali ini, bubur ketan hitam menjadi pilihan yang tepat.

Bubur ketan hitam atau pulut hitam adalah beras ketan yang direbus dengan air berlebih hingga lunak dan disajikan dengan santan yang gurih harum. Rasanya pulen legit dengan tekstur sedikit lebih keras.

Memasak bubur ketan hitam ada tipsnya. Pertama, kita harus memilih beras ketan hitam, perhatikan dulu jenisnya. Ada yang belum disosoh dengan warna ungu kehitaman gelap dan keras teksturnya. Ada juga yang sudah disosoh, dengan warna ungu muda dan ada sedikit sisa kulit ari di buliran beras ketan. Pilihlah beras ketam hitam yang sudah disosoh untuk mendapatkan bubur yang legit dan pulen.

Agar beras ketan lebih mudah lunak dan lembut teksturnya sebelum direbus, sebaiknya rendam air dingin lebih dulu. Cuci bersih beras ketan hitam, tiriskan. Kemudian rendam beras ketan hitam yang sudah disosoh selama 2-3 jam.

Beras ketan akan sedikit mengembang dan air perendamnya bening. Tiriskan beras ketan hingga agak kering. Lalu didihkan air secukupnya dalam panci. Beri 1-2 lembar daun pandan dan sedikit garam. Masukkan beras ketan hitam yang sudah ditiriskan. Masak dengan api sedang sambil aduk sekali-sekali hingga beras ketan mekar dan air perebusnya menjadi kental. Kecilkan api dan lanjutkan mengaduk.

Baca juga: Resep dan Cara Membuat Bubur Kacang Hijau yang Enak dan Mudah

Untuk melengkapi bubur yang legit, siapkan saus atau kuah santannya. Sebaiknya gunakan santan dari kelapa segar untuk mendapatkan rasa gurih alami. Rebus santan sedang dengan api kecil bersama daun pandan dan sedikit garam hingga mendidih. Angkat dan dinginkan.Untuk memberikan rasa manis yang enak, setelah beras ketan lunak, tambahkan gula pasir secukupnya. Masak kembali hingga bubur mengental. Bubur ini sudah mengeluarkan kanji yang membuat kuahnya menjadi kental kehitaman. Karenanya tidak perlu menambahkan larutan kanji lagi. Setelah kental dan empuk, matikan api.

Berikut resep beras ketan hitam ala detikFood:

Coconut MilkFoto: iStock

Total Waktu Penyajian :60Menit
Untuk Penyajian :5Porsi
Judul Resep :Resep Bubur Ketan Hitam untuk Menu Buka Puasa
Kategori :Info Kuliner
Masakan :Bubur Ketan Hitam
Durasi Persiapan :15Menit
Durasi Masakan :45Menit
Total Durasi :60Menit

Bahan :
  • 125 gr beras ketan hitam yang sudah disosoh,
  • 1.000 ml air,
  • 1 lembar daun pandan,
  • 175 gula pasir, dan
  • sedikit garam.
    Santan:
  • 400 santan kental dari 1 butir kelapa
  • 1 lembar daun pandan
  • sedikit garam.
Cara Membuat :
  1. Rendam ketan hitam. Jika kamu ingin mengolah bubur tanpa membutuhkan waktu yang lama, kamu dapat merendam beras ketan semalaman sebelumnya agar cepat empuk ketika direbus.
  2. Rebus beras ketan hitam, air, daun pandan, dan garam hingga ketan hitam setengah matang dan kental. Setelah itu tambahkan gula pasir dan aduk perlahan hingga kental dan matang.

    Santan:
  3. Kemudian rebus santan, daun pandan, dan garam, kemudian aduk hingga mendidih.
  4. Sajikan bubur ketan hitam dalam mangkuk-mangkuk dan siram dengan kuah santan. Sajian bubur ini dapat nikmati selagi hangat atau disimpan di kulkas jika ingin disajikan dingin.

Baca juga: Bikin Ngakak! Boba Buatan Netizen Ini Mirip Biji Salak



Simak Video "Cerita Soto Lamongan Yang Sudah Lezat Dari Tahun 1987"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com