Mengenang Kartini di Jepara, Ada Lontong Krubyuk yang Khas

Devi Setya - detikFood Selasa, 21 Apr 2020 15:30 WIB
lontong krubyuk jepara Foto: instagram/Istimewa
Jakarta -

Memperingati Hari Kartini tak bisa lepas dari kota Jepara. Kabupaten di Jawa Tengah ini menyimpan kisah Kartini, sang pejuang perempuan.

Membahas soal Kartini, pasti tak bisa jauh dari Kabupaten Jepara. Daerah pesisir ini dikenal sebagai tempat Kartini menghabiskan masa remaja. Jepara menyimpan banyak kisah soal Kartini jadi tak heran banyak orang menyambangi daerah ini untuk melihat jejak kehidupan Kartini.

Tapi di samping itu, Kabupaten Jepara juga tak bisa dipisahkan dari deretan kuliner enak. Beberapa makanan khas Jepara bahkan sudah terkenal karena kelezatannya. Sebut saja pindang serani atau es gempol, dua hidangan ini seolah sudah menjadi ikon Jepara.

lontong krubyuk jeparalontong krubyuk jepara Foto: instagram/Istimewa


Baca juga : Melintasi Jepara, Jangan Lupa Nikmati Pindang Serani yang Segar Enak di Sini!


Tapi tak hanya itu, ada juga sajian lontong krubyuk yang tak kalah istimewa. Meskipun tidak sepopuler pindang serani, lontong krubyuk jadi makanan khas kebanggaan masyarakat Jepara dan Karimunjawa.

Lontong Krubyuk merupakan masakan tradisional yang terbuat dari bahan utama lontong yang disajikan dengan kuah kaldu dan berbagai pelengkap. Masyarakat Jepara biasa menikmati lontong ini sebagai menu makan siang.

Sebutan lontong krubyuk sendiri berasal dari bahasa Jawa. Krubyuk atau ngrubyuk artinya berjalan di air atau genangan air. Nama ini sesuai dengan tampilan hidangan yang mengandung banyak kuah.

Berbeda dengan sajian lontong lain yang biasa jadi menu sarapan, lontong krubyuk justru populer jadi menu makan siang karena kuahnya terasa segar. Seporsi lontong krubyuk dilengkapi dengan tauge setengah matang, irisan daun seledri, suwiran ayam semur dan kemudian diguyur kuah kaldu bakso.

lontong krubyuk jeparalontong krubyuk jepara Foto: instagram/Istimewa


Paduan rasa manis gurih dari ayam semur bercampur dengan gurih asin kuah kaldu sapi. Lontong krubyuk paling enak dinikmati saat kuah masih hangat. Sensasinya seperti makan bakso dengan pelengkap lontong.

Baca juga : Ini 5 Makanan Enak yang Wajib Dicicipi Kalau Mampir ke Jepara


Rasanya semakin komplet dengan tambahan kecap manis serta sambal. Di Jepara maupun Karimunjawa, lontong krubyuk tak sulit ditemukan. Selain enak, daya tarik lain dari lontong krubyuk adalah harganya yang murah meriah. Seporsi lontong krubyuk komplet harganya tak lebih dari Rp 15 ribuan.

Nah kalau sedang jalan-jalan atau singgah di Jepara, jangan lupa menikmati kelezatan seporsi lontong krubyuk.



Simak Video "Empuk Gurih Horok-horok, Kuliner Unik Asli Jepara"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)