Cara Membuat Sirop Vanila yang Legit Wangi

Odilia WS - detikFood Selasa, 21 Apr 2020 11:00 WIB
Sirop Vanila Foto: iStock
Jakarta -

Untuk sajian minuman dingin dan hangat saat buka puasa, sirop vanila pilihan tepat. Biar tak repot, bikin sendiri sirop yang wangi dan legit ini.

Bahan pembuat sirop ini yang paling penting adalah vanila atau vanili. Di pasaran ada vanili bubuk, vanili esens, vanili ekstrak, vanili pasta dan vanili batang. Semuanya bisa dipakai, hanya saja intensitas aroma vanilinya berbeda.

Yang paling segar dan alami adalah vanili batang. Masih dalam bentuk asli, vanili ini berwarna hitam, berbentuk batang kecil. Sebelum dipakai, sayat memanjang batang vanili dan keruk biji vanili yang berwarna hitam kecil. Inilah yang membuat aroma harum vanili. Tetapi batangnya jangan buru-buru dibuang bisa tetap dipakai karena aromanya sangat harum juga.

Pilihan kedua adalah ekstrak vanila yang warnanya cokelat gelap dan berbentuk cairan kental. Selain itu bisa dipakai vanila esens yang biasanya berupa aroma tiruan vanili dan vanili bubuk.

Untuk membuat sirop vanila, beberapa langkah mudah ini bisa diikuti.

Sirop VanilaBeragam bentuk vanili. Foto: iStock



1. Bahan yang perlu disiapkan

Untuk membuat sirop vanili diperlukan gula pasir dan air dengan perbandingan 1:1. Jika memakai 500 gram gula pasir maka diperlukan 500 ml air. Selain itu siapkan vanili batang atau vanili esens, atau jenis lain sesuai selera.

2. Masak sirop

Didihkan air di atas api kecil dalam panci. Masukkan gula pasir, ekstrak vanili atau perisa vanili, sesuai selera. Jika memakai vanili batang, belah membujur batang vanili dan keruk biji vanili. Masukkan biji vanili dan batang vanili ke dalam rebusan air dan gula.

Sirop VanilaSirop Vanila. Foto: iStock



3. Kemas sirop

Didihkan larutan gula dengan api kecil hingga airnya susut 25%. Matikan api dan dinginkan. Selanjutnya saring sirop dan masukkan ke dalam botol atau stoples yang sudah disterilkan. Tutup rapat dan simpan di tempat sejuk.



Simak Video "Menu Sahur Simple: Masak Tomato Scramble Egg"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com