Chef Haryo Hijrah: Sekarang Sibuk Berkebun Sayuran Hidroponik

ADVERTISEMENT

Chef Haryo Hijrah: Sekarang Sibuk Berkebun Sayuran Hidroponik

Devi Setya - detikFood
Minggu, 19 Apr 2020 08:00 WIB
chef haryo
Foto: YouTube
Jakarta -

Berhenti tampil sebagai selebriti chef, membuat Chef Haryo memiliki kesibukan lain. Ia dan sang istri sedang sibuk berkebun sayuran hidroponik di rumahnya.

Chef Haryo dikenal publik lewat aksinya memasak di alam terbuka. Dengan pembawaan santai, Chef Haryo menampilkan aksi memasak dengan bahan dan alat seadanya.

Namun belakangan ini Chef Haryo jarang terlihat tampil di layar kaca, ternyata ia memilih hijrah dan menyibukkan diri pada kegiatan sosial. Program amal bertajuk "Sedekah Seribu" adalah besutannya untuk membantu kaum dhuafa yang membutuhkan.

chef haryo berkebunchef haryo berkebun Foto: instagram @chefharyo


Baca juga : Sebelum Hijrah, Ini Momen Chef Haryo Pramoe saat Masak di Alam Terbuka


Di samping itu, ternyata Chef Haryo juga eksis di rumah sebagai petani. Eits bukan petani biasa, ia dan istrinya, Sherly Milana asyik menanam aneka sayuran di kebun hidroponik yang ada di halaman rumahnya.

Lewat instagram @chefharyo, pria ramah ini kerap mengunggah kegiatan serunya saat menanam dan merawat sayuran. Di salah satu sudut kediamannya saat ini dipenuhi pipa yang melintang namun tersusun rapi. Pipa-pipa ini mengaliri air yang kemudian bagian atasnya dilubangi sebagai tempat menanam bibit sayuran.

Bersama sang istri, Chef Haryo menanam sayuran dengan teknik hidroponik. Sayuran ini ditanam dengan media air, jadi Chef Haryo tidak membutuhkan tanah maupun area yang luas.

chef haryo berkebunchef haryo berkebun Foto: instagram @chefharyo


Kebun hidroponik milik Chef Haryo ini disebut 'Sayurita Cinere'. Berbagai sayuran segar pun ditanam, ada beberapa jenis selada dan kale yang tumbuh subur di kebun Chef Haryo ini. Ada juga tanaman kemangi dan basil segar yang tumbuh dengan sistem hidroponik.

Tak jarang Chef Haryo memamerkan sayuran yang sudah tumbuh dan siap dikonsumsi segar. Sayuran ini tampak bersih karena memang tempat tumbuhnya hanya di air saja.

"Ini bibitnya baru satu bulan tapi sudah besar. Ada tiga jenis selada, di sini juga ada beberapa jenis kale. Bukan tidak mungkin kita makan sayuran segar setiap hari seperti ini," ujar Chef Haryo.

Beda dengan kebun hidroponiknya, Chef Haryo juga punya kebun biasa yang ditanam di atas tanah. Kebun ini ditanami aneka sayuran mulai dari kacang panjang, mentimun, cabai dan tomat.

chef haryo berkebunchef haryo berkebun Foto: instagram @chefharyo


Baca juga : Chef Haryo Hijrah: Dari Cuci Piring hingga Jadi Chef Sukses di Amerika


Semua sayuran ini untuk konsumsi pribadi, namun Chef Haryo dan istri juga kerap berbagi dengan kerabat. Saat siap panen, semua sayuran dipetik dan bisa langsung diolah. Chef Haryo dan istri kerap membuat jus sayuran yang rasanya segar dan pasti menyehatkan.

Baik Chef Haryo maupun istri mengaku belajar menanam sayuran hidroponik ini dari sebuah komunitas di Facebook. Mulai dari sana, pasangan ini menanam aneka sayuran yang bisa dikonsumsi setiap hari.



Simak Video "Bikin Laper: Pedas Nikmat Ayam Geybok Bang Jarwo"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT